TEROMPET SIMBOL ALLAH MEMBERI PESANNYA


TEROMPET SIMBOL ALLAH MEMBERI PESANNYA

Lalu aku melihat ketujuh malaikat, yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. (Wahyu 8:2 )
Kepada mereka diberi tujuh sangkakala. Banyak alat musik disebutkan dalam Alkitab, tetapi terompet (sangkakala) adalah yang menonjol. Dalam Bilangan 10: 1-10 ada diberikan perintah tegas untuk konstruksi mereka, dan di seluruh Alkitab, dari pemberian Hukum di Sinai hingga visi tujuh sangkakala ini, kita terus dipertemukan dengan sangkakala. Oleh karena itu, kita dibenarkan melekatkan makna kepada mereka dan menganggapnya sebagai simbolisasi kebenaran yang Tuhan ingin kita pelajari. Karena Ia memerintahkan baik pembuatan dan penggunaannya. Mereka memainkan bagian yang menonjol sehubungan dengan pemujaan yang ditetapkan secara ilahi baik di tabernakel dan bait suci, dan seluruh tanah Israel bergema bunyinya di musim yang telah ditetapkan secara ilahi dengan catatan-catatan yang menggetarkan roh mereka. Pandangan sekilas pada konkordansi akan menunjukkan dalam kesempatan apa mereka digunakan. Oleh karena itu, apa yang dapat kita pelajari dari mereka?

ALLAH MEMILIKI PESAN UNTUK KITA.
SAngkakala bukan hanya instrumen buatan manusia karena diadopsi oleh Tuhan dalam pelayananNya untuk minta perhatian umat karena Tuhan hendak menyampaikan Firman/Pesan PesanNya. Dalam prakteknya sangkakala digunakan untuk menunjukkan kepada Israel datangnya musim-musim ibadah – tahun baru, bulan baru, Yobel, dan pada kesempatan kesempatan lain ketika Allah memerintahkan umat-Nya untuk memberikan pelayanan khusus kepadaNya.

Sampai sekarang Allah selalu menyampaikan pesan dan kehendakNya kepada kita melalui FirmanNya sehingga dengan demikian kita tidak dibiarkan tanpa kejelasan akan kehendak dan rencana Tuhan.

PESAN APA YANG HENDAK DISAMPAIKAN?
1.SANGAT MENDESAK. Suara terompet itu mengejutkan, membangkitkan; bunyinya yang jelas dan keras menembus telinga yang paling dalam dan suaranya mencapai jarak yang jauh, dan memaksa semua untuk mendengarkan. Dan pesan urgensi yang dibawa oleh Firman Tuhan kepada kita. “Bangunlah kamu yang tidur, dan bangkit dari kematian!” – jadi itu berbicara kepada kita. “Bagaimana kita akan melarikan diri dari akibatnya jika kita lalai,” ?Hidup dan mati bergantung pada respons terhadap pesan yang sangat mendesak tadi.

2. SEPERTI PERANG. Nada terompet dengan jelas adalah musik perang. Arti dari ke tujuh sangkakala adalah peringatan perang. Kita diingatkan akan kata-kata Tuhan kita, “Aku datang bukan untuk mengirim kedamaian di bumi, melainkan pedang.” Firman Allah adalah panggilan perang, panggilan untuk “melawan perjuangan iman yang baik.” Ini adalah apa yang tidak kita sukai, tetapi yang harus kita terima, kalau kita mau menerima penghargaan yang diberikan “kepada dia yang menang.”

3. SANGAT MENGERIKAN ! Bangsa Midian melarikan diri ketika mendengar ledakan terompet Gideon, sehingga mereka menjadi mangsa yang mudah dikalahkan. Dan dalam konteks bacaan ini tujuh sangkakala adalah penghakiman Allah atas musuh-musuhnya .
Dan Firman Tuhan sangat buruk bagi mereka yang tidak mengenalnya. Alkitab adalah buku yang mengerikan bagi orang yang tidak bertobat ketika mereka dibangkitkan pada masa yang akan datang dihadapan Allah. Itu seperti gulungan kitab nabi baginya, ditulis di dalam dan di luar, berisi kesedihan, ratapan, dan celaka.

4. MENYEMANGATI HATI UMAT ALLAH. Sedangkan Terompet bagi umat Allah adalah , seperti bunyi yang memberi semangat dan kegembiaraan kepada pasukan ketika maju kemedan pertempuran Demikian juga Firman Allah penuh dengan kebenaran yang menyentuh hati bagi mereka yang percaya kepadanya. Dan:

5. SUKACITA . Suara terompet ketika diperdengarkan mendatangkan sukacita bagi umat Allah seperti halnya umat di Perjanjian Lama dalam memasuki hari raya hari raya mereka yang didahului dengan tiupan bunyi sangkakala.
“Sebab sangkakala akan berbunyi, dan orang mati akan dibangkitkan.” 1 Tes.4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit
Dan hari ini dimana Firman Tuhan berkuasa, hati yang mati terbangun dan yang tidur terjaga.

SUMBER:
http://biblehub.com/sermons/auth/conway/the_trumpet-symbol.htm