MATIAS DIPILIH SEBAGAI RASUL

A C T S
MATIAS DIPILIH SEBAGAI RASUL
KISAH PARA RASUL 1:12-26

I. Daftar nama rasul-rasul (ay 13).
1) Petrus disebut sebagai yang pertama.
Petrus disebut pertama karena ia memang paling menonjol sehingga ia menjadi wakil / juru bicara murid-murid yang lain. Tetapi itu tidak berarti bahwa ia yang paling tinggi kedudukannya dari semua rasul.
2) Yudas Iskariot tidak ada dalam daftar rasul, karena ia sudah mati.

II. Kematian Yudas Iskariot (ay 16-20).
1) Dalam Mat 27:3-10 uang dilemparkan oleh Yudas ke Bait Allah dan imam-imam yang menggunakan uang itu untuk membeli tanah. Dalam Kis 1:18 dikatakan Yudaslah yang membeli tanah.
2) Dalam Mat 27 dikatakan bahwa Yudas mati gantung diri. Dalam Kis 1:18 dikatakan Yudas jatuh tertelungkup, perutnya terbelah dan isi perutnya keluar.
Penjelasan:
Butir no.1 diatas: Imam membeli tanah atas nama Yudas karena Yudaslah yang dianggap memiliki uang itu dan lalu Lukas menuliskan bahwa Yudas yang membeli tanah.

Butir no.2 diatas: Mungkin Yudas menggantung diri di pohon yang terletak di tepi tebing / jurang. Setelah ia mati, dahan yang dipakai untuk menggantung diri itu tidak kuat menahan berat badan Yudas sehingga dahan itu patah (ada yang mengatakan bahwa patahnya dahan itu disebabkan karena gempa bumi dalam Mat 27:51) dan mayat Yudas jatuh ke jurang dan lalu perutnya terbelah dan isi perutnya keluar.

III.Kerasulan Yudas digantikan oleh orang lain.
1. Syarat pengganti adalah: ikut Yesus mulai baptisan Yohanes sampai kenaikan Yesus ke surga, supaya ia bisa menjadi saksi kebangkitan Kristus (ay 21-22).

2.Orang yang memenuhi syarat (ay 23):
2.1.Yusuf / Barsabas / Yustus.
Nama Barsabas tidak diketahui dengan pasti artinya. Ada yang mengartikan ‘the son of an oath’ (= anak sumpah) yang menunjukkan dia sebagai orang yang jujur. Ada yang mengatakan artinya adalah ‘the son of Sabbath / rest’ (= anak Sabat / istirahat). Nama Yustus adalah nama Latin yang artinya adalah ‘just’ (= benar).
2.2.Matias.
2.3.Undian (ay 26).
2.3.1.Mengapa dilakukan pemilihan dengan undian? Karena rasul harus merupakan pemilihan Allah. Sebelas rasul yang lain dipilih oleh Yesus sendiri. Kalau rasul pengganti Yudas dipilih oleh manusia maka ia akan menjadi rasul yang inferior / lebih rendah dari pada sebelas rasul yang lain. Dengan menggunakan undian, maka jelas bahwa ia adalah pilihan Allah (bdk. Amsal 16:33 – “Undi dibuang di pangkuan, tetapi setiap keputusannya berasal dari pada TUHAN”).
2.4.Pilihan jatuh atas diri Matias.
Dari pengundian itu, ternyata yang dipilih oleh Allah adalah Matias (ay 26). Padahal kalau kita melihat ay 23, kelihatannya Yusuf lebih ditonjolkan. Penonjolan Yusuf ini terlihat dari: Ia punya 3 nama yang disebutkan semua. Namanya menunjukkan bahwa ia adalah orang yang jujur. Nama Matias tidak diberi embel-embel apa-apa.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI.
1.Dalam suatu organisasi pergantian personil adalah sesuatu yang wajar dan harus dilakukan kalau ada kekosongan dalam satu jabatan. Petrus dengan kawan kawan secara prinsip organisasi telah bertindak benar dan cepat. Tetapi dapat dipertanyakan secara rohani apakah pemilihan pengganti Yudas terkesan terburu buru? Mengapa ? Karena tidak ada perintah langsung dari Tuhan Yesus? Dan bukankah Tuhan Yesus sendiri di Kisah Para Rasul 9 memilih Saulus yang kemudian bernama Paulus menjadi rasulNya. ?

2.Dengan dipilihnya Matias oleh para murid Yesus dan kemudian Yesus sendiri memilih Paulus bukankah dengan demikian para rasul menjadi 13 orang? Padahal Tuhan Yesus pada masa pelayanannya hanya memilih 12 murid sebagai symbol 12 suku Israel. Kalau ada 13 rasul adakah salah satu rasul menjadi tidak sah, dalam hal ini Matias menjadi tidak sah, sedang Paulus bukankah dia dipilih langsung sehingga menjadi rasul yang sah ???

Leave a Comment