AKHIR ZAMAN SUDAH DEKAT?

ALKITAB- TERAMG DR SORGA

AKHIR ZAMAN SUDAH DEKAT?
(Bina Iman -Eskhaton –01-2016)

Menengok kebelakang ketika mendekati tahun 2000 dan menjelang masuk ke Milenium III nubuatan-nubuatan tentang Akhir Zaman marak kembali sekalipun selama dua abad ini sudah terbukti bahwa ramalan-ramalan demikian tidak pernah benar, sebaliknya ramalan-ramalan demikian makin ramai, dan bila ramalan demi ramalan ternyata merupakan kebohongan lagi orang-orang begitu saja bisa melupakannya dan mempercayai kebohongan Akhir Zaman yang baru, apaagi kelau penginjil pandai berkotbah dan meyakinkan para pendengarnya. Mari kita teliti dari waktu ke waktu permasalahan ini.

TAHUN 1883/4
Sejak kematian dan kebangkitan Yesus, sepanjang sejarah, ada saja di kalangan umat Kristen yang mempercayai bahwa Yesus akan datang pada tahun-tahun tertentu, seperti tahun-tahun 500, 1000, 1260, 1420, 1533 dan lainnya dianggap bahwa manusia akan memasuki Akhir Zaman dan Yesus akan datang kembali. Tokoh Adventis bernama William Miller dengan berapi-api mengemukakan bahwa Akhir Zaman akan datang pada tahun 1843 dan ketika pada tahun itu tidak terjadi apa-apa, tahun itu direvisi menjadi tahun 1844 oleh penerusnya bernama Mrs. Ellen Gould White. Waktu berjalan dan sekalipun waktu itu sudah berlalu masih banyak pengikut Adventis yang menunggu-nunggu kedatangan Yesus itu.

TAHUN 1914
Tokoh-tokoh Saksi Yehuwa seperti Charles Tase Russel dan Franklin Joseph Rutherford meramalkan bahwa Akhir Zaman akan terjadi pada tahun 1914 dan ketika hal itu berlalu sekalipun ada yang dengan fanatik meng-klaim bahwa Yesus benar-benar telah datang kembali pada tahun itu ‘sekalipun dalam bentuk maya’ ada juga kelompok moderat yang kemudian merevisi tahun itu menjadi tahun 1918, 1925, 1941, 1975 dan 1992, dan Yesus tetap belum datang juga. Soal hitung menghitung tahun Akhir Zaman yang merupakan spesialisasi Adventisme dan Saksi Yehuwa itu juga diikuti oleh gerakan Pentakosta yang tumbuh pada awal abad ke-XX dan kemudian oleh gerakan Kharismatik yang tumbuh pada tahun 1960-an.

TAHUN 1972/82
David Brandberg pelopor sekte Kristen bernama Children of God meramalkan bahwa Yesus akan datang kembali pada tahun 1972 bertepatan dengan adanya tanda di langit berupa kedatangan komet Kahoutek. Adanya konyungsi planet-planet (planet-planet berada dalam satu garis lurus dengan bumi) juga sempat membuat banyak kalangan kristen menganggapnya sebagai ‘saat kedatangan Yesus kembali.’ Seperti biasanya waktu berlalu dan Yesus belum juga kembali. (bersambung)

Leave a Comment