AKU KUAT DAN MAMPU DIDALAM KRISTUS

filipi2
AKU KUAT DAN MAMPU DIDALAM KRISTUS
Filipi 4:13, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Dalam satu ayat yang singkat ini, ada beberapa kata yang menarik untuk kita perhatikan:
1. “Segala perkara” (panta) menyatakan segala sesuatu. Artinya, bukan hanya hal-hal yang kecil, tapi juga hal-hal yang besar.
Dari Filipi 4:13, yang perlu ditafsirkan adalah ungkapan (kata) ‘segala perkara’. ‘Segala perkara’ yang dimaksud ini adalah hal-hal mengenai kekuatiran, kekurangan, kelimpahan, akan makanan, juga perkara untuk bersatu supaya tidak terjadi perpecahan dan perkara dalam mengerjakan keselamatan. Dan Paulus mengatakan supaya segala perkara ini ditanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan.

2. “Kutanggung” (ischuo) menyatakan memiliki kekuatan atau kemampuan. Jika point 1 dan 2 ini digabung, maka kita akan menyimpulkan bahwa Paulus memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah, baik itu masalah yang kecil, maupun masalah yang besar. Kekuatan ini bukan berdasarkan kekuatan diri sendiri Karena semua yang dari disi sendiri terbatas. Sekarang sehat, besok dapat sakit. Sekarang kaya besok bisa miskin. Sekarang gagah perkasa, besok bisa tua dan tidak berdaya. Mampu,kuat menanggung segala perkara dengan syarat nomer 3 dibawah.

3. “Di dalam” (en) menyatakan bahwa ini merupakan syaratnya. Kontrasnya adalah “di luar.” Artinya, hanya dengan berada di dalam maka yang bersangkutan dapat menikmati apa yang dijanjikan. Hanya didalam Kristus anda saya mendapat kekuatan untuk menanggung sakit tanpa kehilangan pengharapan, menikmati kesehatan tanpa menyalahgunakan dalam dosa, menjalani kemiskinan tanpa menghujat sang pencipta, menikmati kekayaan tanpa menyalah gunakan dalam dosa. Kekuatan dan kemampuan tadi hanya terdapat di dalam Kristus.

4. “Memberi kekuatan” (endunamoo) menyatakan bahwa ada Oknum lain yang menjadi menjadi sumber kekuatan . Oknum lain yang dimaksud adalah Kristus yang kekuatan dan kuasaNya tidak terbatas. Sebuah kisah dari dunia tinju. Evander Holyfield melawan Mike Tyson. Kisah pertarungan ini menjadi konyol karena daun telinga Holyfield digigit oleh Tyson. Ini membuat Tyson didiskualifikasi dan Evander menang. Evander menyatakan bahwa ia memaafkan Tyson. Di balik bajunya, dan di celananya, terdapat tulisan ayat emas kita: “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Ketika komentator tinju menanyakan respons Holyfield atas kejadian tersebut, ia hanya menyatakan bersyukur kepada Tuhan Yesus. Kemudian, ketika ia bertanding dengan Lennox Lewis dan kalah angka, ia tetap menyatakan bersyukur kepada Tuhan Yesus ketika ditanyai responsnya atas kekalahannya.
Dari kejadian tersebut, kita berkesimpulan bahwa Tuhan Yesus memberi kekuatan ketika dia menang untuk tidak sombong, dan Dia juga memberi kekuatan ketika dia mengalami kekalahan sehingga tidak menjadikan putus asa dalam menggeluti karir tinju.

5.Apakah masalah yang anda hadapi saat ini? Adakah beban berat yang sedang anda pikul akhir akhir ini? Masalah ekonomi? Masalah rumah tangga? Masalah Kesehatan? Jawabannya diberikan oleh Filipi 4:13- “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Berdasar ayat ini dan dengan kekuatan iman dari Tuhan Yesus kita terus mengatakan :
AKU KUAT DAN MAMPU DIDALAM KRISTUS. Bukan sekali kita mengatakan nya tetapi terus berulang ulang mengatakannya. Ini bukan mantera. Ini adalah ucapan iman yang memperkuat iman.

Leave a Comment