ALOYSHA DAN ILUSHA

KARAMAZOV BERSAUDARA (KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 4- HATI YANG TERLUKA

 

CHAPTER 5-7- ALOYSHA DAN ILUSHA

1.Alyosha tidak tahan lagi, dan dia mengatakan padanya bahwa mereka (Katerina dan Ivan)  jelas saling mencintai dan harus mengikuti hati mereka, bukan intelektualisasi mereka. Ivan mengatakan dia mencintai Katerina tetapi  Katerina  dan Dmitri lebih merupakan pasangan yang cocok. . Dia tidak senang dengan fakta ini, tetapi dia pasrah pada kenyataan bahwa dia tidak akan bersama wanita yang dicintainya. Ivan menyatakan bahwa dia akan berangkat ke Moskow, dan dia mengucapkan selamat tinggal.

2.Katerina memberi tahu Alyosha tentang Kapten Snegiryov yang pernah dipukuli Dmitri ketika semasa dinas militer.  Katerina merasa tidak enak hati untuk hal itu   dan mengasihani Kapten Snegiryov.  Katerina  mengatakan kepada Alyosha bahwa dia ingin membantunya  dengan cara memberikan uang  dua ratus rubel yang dia ingin berikan kepadanya sebagai tanda simpati. Katerina  meminta Alyosha untuk mengirimkan uang ini kepada pria itu, dan dia menyanggupinya. Alyosha terus menjadi pembawa pesan bagi orang lain, membuktikan kesediaannya untuk membantu, tetapi bertindak tanpa kemauannya sendiri. Dia pergi mengunjungi pria itu, nanti terjawablah teka teki gigitan anak laki laki siang tadi.

3.Kapten Snegiryov tinggal di sebuah rumah tua yang bobrok dengan istri dan dua putrinya — salah satunya cacat — dan putranya. Putranya Ilusha adalah bocah yang menggigit tangan Alyosha. Ilusha segera berasumsi bahwa Alyosha ada di sana untuk meratapi tangannya yang terluka. Alyosha tiba-tiba menyadari bahwa bocah ini merasa marah kepadanya karena dia adalah saudara laki-laki Dmitri. Kapten Snegiryov pergi ke luar bersama Alyosha dan mengatakan kepadanya bahwa Dmitri membuat putranya yang malang trauma dan  memukuli Aloysha.

4.Dia menjelaskan bahwa keluarganya sangat miskin, dan Alyosha menjadi sangat bersemangat bahwa dia dapat membantu. Dia mengatakan kepada Kapten Snegiryov bahwa dia datang untuk memberinya uang. Kapten sangat gembira pada awalnya, memberi tahu Alyosha semua cara dia bisa membantu keluarganya dengan uang. Tetapi dia berubah pikiran dan tiba-tiba melemparkan uang ke tanah, menjelaskan bahwa dia tidak dapat menghina dirinya sendiri dengan menerima uang dari saudara lelaki dari seorang lelaki yang telah mempermalukannya (yaitu Dmitri); ini akan menghancurkan putranya. Alyosha mengambil uang itu dan kembali ke Katerina.

 

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-4

 

 

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Disini digambarkan watak Aloyhsa pemuda yang baik, yang senantiasa siap membantu dan mau repot untuk orang lain. Sikap Kristen yang patut dicontoh.

2.Sebagai kontras ditampilkan Ilusha masih kanak kanak tetapi dengan membawa sakit hati yang dalam karena ayahnya pernah dianiaya oleh Dmitri.

Kalau kita menderita sakit hati yang dalam dan berbekas perlu diobati dan dibawa kepada Yesus sang tabib agung.

3.Ivan yang mencintai Katerina tetapi melepaskanya karena ia anggap Katerina lebih cocok dengan Dmitri, kakak Ivan.  Cinta sejati bersedia melepas sang kekasih demi kebahagiaannya.

 

Leave a Comment