ANUGERAH 1

TEOLOGI SISTIMATIKA

TS  32-DISELAMATKAN OLEH ANUGERAH 1

 

 

PENGANTAR:

Judul diatas adalah buku karangan Anthony Hoekema seorang teolog Reformed, penerjemah: IrwanTjulianto; editor: Salomon Yo; cetakan kelima; Surabaya; penerbit: Momentum. Disarikan oleh Delfit Lilo

Tulisan buku ini memposisikan pandangan bahwa tidak ada urutan yang secara terpisah mengenai urutan proses keselamatan. Seluruh proses keselamatan yang terjadi bersifat simultan.Meskipun begitu setiap aspek dalam proses keselamatan benar-benar memberikan perbedaan dalam karyanya, sehingga perlu juga untuk dibahas satu persatu.

 

1.Pertama dan yang terpenting dalam penerapan keselamatan adalah peran Roh Kudus.Roh Kudus tidak hanya menyatukan kita dengan Kristus, tetapi juga bekerja dalam proses lahir baru, pertobatan, iman, pembenaran dan pengadopsian, pengudusan, pemeliharaan, dan ketekunan kita sebagai orang percaya.

 

2.Kedua, Roh Kudus adalah jaminan keselamatan kita. Roh Kudus menjadi penghubung dan penyatu kita dengan Kristus. Kita menjadi hidup di dalam Kristus dan Kristus di dalam kita.Kesatuan Kristus dengan umat pilihan-Nya telah dirancang sejak kekekalan dan didasarkan pada karya penebusan Kristus. Kesatuan itu berfaedah bagi iman kita sehingga kita dibenarkan dan dikuduskan dan menuntun kita untuk hidup tekun pada-Nya hingga mati, bangkit, dan dimuliakan-Nya. Kesatuan ini bersifat individu dan mencakup pembaruan dan recreation(penciptaan ulang)  seluruh ciptaan.

 

3.Ketiga, Injil memang harus diberitakan kepada semua orang sebagaimana yang diamanatkan-Nya. Pemberitaan Injil kepada semua manusia adalah undangan keselamatan secara umum dan universal. Panggilan ini adalah panggilan yang sungguh-sungguh dikehendaki Allah karena itu pemberitaan Injil harus dilakukan dengan sungguh-sungguh pula. Meskipun begitu,tidak semua yang mendengar Injil akan selamat. Sehubungan dengan itu, paham yang menekankan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk menerima atau menolak Injil adalah salah. Panggilan Injil ini menjadi efektif karena kedaulatan anugerah Allah sendiri sejak kekekalan. Allah yang berkehendak memilih dan menyelamatkan manusia. Panggilan efektif bertujuan menempatkan umat-Nya terpisah dari dunia yang jahat untuk tekun bersekutu dengan-Nya.

 

KELAHIRAN BARU

4.Keempat, kelahiran baru dari hidup (Zōē) seseorang yang telah secara efektif dipanggil Allah. Mencakup penanaman benih hidup rohani yang baru oleh Roh Kudus dan perwujudannya pada pertobatan dan iman. Kejatuhan manusia dalam dosa telah mengakibatkan kerusakan total pada natur. Oleh sebab itu, proses kelahiran baru perlu bagi setiap orang yang telah dipanggilAllah. Dalam hal ini, proses tersebut 100% adalah karya Allah tanpa campur tangan manusia yang berada dalam kondisi rusak total karena dosa. Karya Allah yang seketika, misteri, supranatural,dan radikal ini hanya dapat dipahami melalui pengaruh atau akibat yang dimunculkan. Ini adalah anugerah yang tidak dapat ditolak oleh mereka yang telah dipilih dan diselamatkan sejak kekekalan.

Bersambung ………..

SUMBER:

https://www.academia.edu/8470836/Resensi_Buku_-_Diselamatkan_oleh_Anugerah_Anthony_Hoekema_

 

 

Leave a Comment