BERCITA-CITA INGIN MENJADI PENDETA

FS 01-BERCITA CITA INGIN MENJADI PENDETA

 

1.Tuisan ini akan membahas topik  bercita cita ingin menjadi pendeta. Secara lebih khusus artikel akan membahas  ingin menjadi pendeta dalam lingkungan Gereja Kristen Indonesia (GKI).  Secara umum dapat juga diterapkan bagi mereka yang berlatar belakang  gereja gereja Reformasi/CAlvinis, Lutheran dan sejenisnya tentunya dengan prosedur yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dilingkungan gereja tersebut.

 

2.Tentunya cita cita ini didahului oleh suatu keinginan yang kuat dalam diri orang tersebut.Mengapa?

2.1.Figur pendeta adalah figur terhormat di gereja dan masyarakat, Secara finansial juga berkecukupan karena dibayar layak, diberi perumahan pastori dan dilengkapi dengan mobil.

2.2.Ada figure pendeta yang dikagumi karena kotbahnya dan keramahannya kepada orang orang yang ditemuinya sehingga pendeta menjadi tokoh panutan.

2.3.Ada keingingan yang kuat untuk menjadi pendeta karena berulang ulang mendengar tantangan dari mimbar kebaktian minggu agar anak anak muda menyerahkan dirinya menjadi pendeta sehingga ada kesinambungan pelayanan gereja. Yang usia lanjut pada waktunya harus digantikan dengan orang orang muda.

2.4.Ingin menjadi pendeta karena ingin membalas cinta kasih Tuhann Yesus yang sudah memberi keselamatan dan hidup kekal. Tuhan Yesus sudah terlebih dahulu melayani , maka sebagai respons ada keingingan yang kuat untuk melayani Tuhan YEsus melalui gerejaNya dengan menjadi pendeta.  Walaupun mungkin pendeta dikota kecil banyak kesulitan secara finansial, itu tidak menjadi halangan karena pengorbanan kepada Tuhan Yesus harus diutamakan.

 

2.5.Bagi orang orang tertentu mungkin pernah mendapat mimpi dimana melaluinya ia dipanggil untuk menjadi pendeta. Meyakini mimpi ini datang dari Tuhan sebagaimana Tuhan juga ddidalam Alkitab menyatakan Diri dan KehendakNya melalui mimpi.  Dalam Perjanjian Lama misalnya yang dialami oleh Abimelek dalam Kej 20:3, kemudian dialami Yakub di Kej 28:12 dan Kej 31:10, Raja Salomo dalam 1 Raj 3: 5-15, oleh Raja Nebukadnezar dalam Dan 2:19 dan oleh Daniel dalam Dan 7:1. Di dalam Perjanjian Baru, Tuhan juga menyampaikan petunjuk-Nya kepada Yusuf melalui mimpi (Mat 1:20; 3:13)

 

3.Tindakan yang harus diambil bagi yang bercita cita ingin  menjadi pendeta:

3.1.Mempelajari dengan lebih seksama akan kehidupan dan pelayanan pendeta. Apa suka dan dukanya. Kalau perlu mencoba melibatkan diri dalam pelayanan gereja seperti guru sekolah minggu, anggota paduan suara, ikut kelas pemahaman Alkitab, dllnya.

3.2.Mendiskusikan cita cita ingin jadi pendeta ini dengan sdr sdr seiman di gereja, dengan orang tua, dengan penatua gereja dan tidak ketinggalan minta waktu kepada pendeta untuk membicarakan masalah ini. Melalui semua diskusi ini diharapkan dihasilkan suatu pemahaman dan keputusan yang bulat sehingga ingin jadi pendeta bukan sekedar emosi sesaat saja.

 

4.Menjelang tamat Sekolah Menengah Atas , Sekolah Menengah Kejuruan atau sudah duduk di fakultas, kalau keingingan menjadi pendeta sudah bulat, maka beberpa tindakan ini harus dilakukan:

4.1.Mempelajari Sekolah Tinggi Teologia mana saja yang didukung oleh gereja GKI, misalnya  : Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta, Fakultas Teologia dari Universitas Kristen Duta Wacana, Yogykarta  dan Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT ) Malang.

4.2.Menulis surat kepada Majelis Jemaat menyatakan akan keinginan menjadi pendeta dengan masuk sekolah teologia pilihan (4.1.diatas) dan memohon dukungan atau rekomendasi majelis jemaat.

4.2.Pada waktu yang ditentukan maka akan diadakan wawancara khusus dengan majelis jemaat.

4.3.Kalau majelis jemaat setuju maka majelis jemaat akan menulis  surat rekomendasi  kepada  Sekretariat Seleksi Calon Mahasiswa Teologi  Tahun 2019.Masih ada kesempatan untuk gelombang ke 2 . Surat ditujukan ke Divisi Kader KKSW GKI SW JATENG, Kantor Jl.Samirono Baru 77, Yogyakarta 55281 atau email : kkswgkiswjateng.div1@gmail.com.

Untuk calon GKI SW Jabar keterangan dapat diminta Kantor Sinode GKI SW Jabar, Jl. Tanjung Duren Daya 4 Blok E lt.4, Tanjung Duren, Jakarta Barat atau email; kkswgkijabar@gmail.com

Seleksi gelombang pertama sudah ditutup sedangkan gelombang kedua diadakan  pada 14-16 Mei 2019, bertempat di Wisma Sejahtera , Magelang.

4.4.Kalau lulus ujian seleksi masuk maka sinode akan merekomendasikan ke sekolah telogia tujuan dan  untuk keperluan ini keperluan bea siswa akan dijamin oleh Sinode.

4.5.Cepat bertindak sebelum penutupan pendaftaran. Selamat menjalani tapak tapak menuju perwujudan cita cita anda.

 

NOTE: Bagi yang mau bertanya, menambahkan atau mengkoreksi artikel diatas, dipersilahkan menuliskannya diruang comment. Atau anda juga dapat menulis langsung

ke email: rotihidup12@gmail.com. Terima kasih.

 

bersambung ke fasal 2: Calon mahasiswa teologia Independen

 

REKOMENDASI BACAAN:

http://www.telaga.org/audio/panggilan_menjadi_pendeta

https://www.gkiswjateng.org/news/detilview/pembukaan-pendaftaran-seleksi-calon-mahasiswa-teologi-gki-tahun-ajaran-20192020

Leave a Comment