BERDUKA CITA YANG MENDAPAT PENGHIBURAN

SERMON ON THE MOUNTBERDUKA CITA YANG MENDAPAT PENGHIBURAN
Ay 4: “Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur”.

1.Ayat 4 in harus dihubungkan dengan ayat 3 sebelumnya. Dukacita karena miskin rohani dihadapan Allah. Tidak ada yang dapat dibanggakan dan tidak ada jasa . Yang ada Cuma kaya dosa. Oleh karena pemahaman tadi maka orang tadi berduka cita.

2.Kata ‘berduka cita’ (PENTHEO) arti sebenarnya adalah ‘to mourn’ (= berkabung). Bdk. Mark 16:10 dan Kej 37:34. Jadi tidak cukup sekedar sedih, tetapi harus sangat sedih!
Kalau saudara betul-betul mengasihi Allah, dan saudara sadar bahwa setiap dosa menyakiti Allah dan setiap dosa menyebabkan Kristus menderita dan disalibkan sampai mati, maka saudara seharusnya akan sangat sedih karena setiap dosa saudara.

3. Contoh orang yang berkabung karena dosa:
Daud dalam Maz 51 (baca seluruh Maz 51, yang merupakan doa pengakuan dosa Daud setelah disadarkan dari dosa perzinahan dan pembunuhan yang ia lakukan). Baca juga Pemungut cukai dalam Luk 18:13. Bagi orang yang berkabung karena dosanya ada dua kemungkinan: a.apakah mereka akan terus tenggelam dalam dosa dan penyesalahnya? B. atau apakah mereka mau membawanya kepada Tuhan. Bagi yang memilih kemungkinan pertama terus tenggelam dalam berkabung dalam dosanya, mereka akan tenggelam makin dalam dan tidak ada pertolongan. Sebaliknya bagi mereka yang membawanya kepada Tuhan mereka akan dihibur dan ditolong.

4.Orang-orang yang berkabung karena dosa-dosanya ini ‘akan dihibur’, artinya mereka akan diampuni sehingga mereka akan bersukacita kembali.
4.1.Ro 7:24-25 – “Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita”.
4.2.Maz 51:9,10,16 – “Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju! Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali! … Lepaskanlah aku dari hutang darah, ya Allah, Allah keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan keadilanMu!”.
4.3.Luk 18:14 – “Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.’”.

5.Ingat bagi mereka yang berkabung akan dosanya harus mengambil tindakan ini. Berkabung karena dosa dosa, lalu harus membawa dosa-dosa itu kepada Kristus, meminta pengampunan dariNya, percaya bahwa Ia pasti mau mengampuni dosa kita itu, ( I Yoh.1:9) merasakan penghiburan dari pengampunan tersebut, dan bersukacita kembali!

Renungkan: Pernahkah anda berduka karena dosa dosa anda? Dari mana penghiburan anda? Dari perasaan diampuni ya, tetapi lebih dipermantap lagi dihibur oleh Firman Tuhan a.l. di 1 Yoh.1:9- Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Mari kita mengucap syukur untuk pengampunan tersebut. Mohon kekuatan Roh Kudus dan berjalan dalam hidup yang menyenangkan Tuhan.

Bacaan Matius
Matius 10: Pengutusan Kedua belas rasul. Penolakan dan Penganiayaan karena nama Yesus. Ini juga berlaku untuk kita, tetapi dengarlah dan peganglah Matius 10:30 – Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.
Matius 11: Pertanyaan keragu raguan Yohanes Pembaptis mengenai ke mesiasan Yesus. Mungkin juga suatu waktu kita mengalami hal itu. Ayat Mas Matius 11:6 -Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku.

THANK YOU

Leave a Comment