BERKAT ,ANUGERAH DAN KERJA

BIBLE STUDY GLOBAL

Bertolak dari pembahasan BERKAT NUH kepada Sem dan Yafet maka diajukan  pertanyaan oleh salah seorang peserta  dimana pertanyaannya saya formulasikan ulang :

1.Apakah Berkat Tuhan  menjadi suatu wilayah dimana tidak memberi ruang untuk kerja atau perbuatan baik?  ( kerja dan perbuatan baik dalam arti tabur dan tuai )
2.Apakah dalam berkat Tuhan juga memberi ruang untuk kerja dan perbuatan baik kita? ( kalau pilihannya memberi ruang untuk kerja dan perbuatan baik ini berarti  Bukan  berkat Tuhan semata mata)

Jawaban :
Pilihan saya jatuh  ke  nomer 2. Dalam bidang usaha (pekejaan sehari hari )Tuhan memberi ruang untuk kita turut berperan. Tapi peran ini tidak  memberikan jaminan 100 persen kepastian keberhasilan. Sebab ada dikatakan juga disatu sisi bahwa berkat Tuhan yang menjadikan kaya (Amsal 10:22). Pada pihak lain kita juga mendengar nasehat rasul Paulus di 2 Tesalonika 3:6,12 mengajak agar setiap orang bekerja dengan demikian makan makanannya sendiri.

 

Kesimpulan:

1.Dalam bidang keselamatan itu hanya anugerah Tuhan – anugerah semata mata atau grace alone atau sola gratia . Kita tidak ada peran , tidak ada sumbangan apapun untuk keselamatan. Semuanya dikerjakan Tuhan Yesus. (Efesus 2:8)
2.Dalam hidup sehari hari dalam pekerjaan dan sekolah – disini ada berkat  Tuhan dan memberi ruang untuk kita berperan . Dalam konteks berkat  Tuhan inilah kita fahami ajaran Alkitab mengenai hukum Tabur – Tuai. Kita menabur dan dengan berkat Tuhan kita dapat menuai. Tanpa berkat Tuhan bisa saja taburan kita sia sia . Kalau tanaman maka tidak ada hasil karena banyak serangan hama. Kerja keras (tabor ) tetapi tidak ada hasil karena hasilnya habis untuk  pengeluaran pengeluaran yang tidak di anggarkan . Istilahnya karung bocor.Diisi tetapi tidak pernah penuh.

Anugerah: pemberian Tuhan Allah atas kebaikan Dia semata mata dan bukan berdasarkan kebaikan ataupun jasa kita. Anugerah Tuhan lebih dihubungkan dengan keselamatan dan kehidupan kekal. (Baca Efesus 2:8)
Berkat : pemberian Tuhan Alllah juga atas kebaikan Dia dan bukan karena kita layak. Berkat umumya lebih dihubungkan dengan hal hal yang jasmani dan segala keperluan hidup kita didunia ini  (Kejadian 1:22, 28 ; 12:1-3)
Kadang kadang dipakai juga istilah berkat dihubungkan dengan hal rohani sehingga kita mengatakan mengenai berkat  keselamatan didalam Yesus Kristus.
Juga disana sini istilah  anugerah Tuhan dihubungkan dengan hal yang jasmani sehingga kita mengatakan anugerah Tuhan menjadikan  saya kaya.

THANK YOU

Leave a Comment