DAMBAAN HIDUP BAHAGIA MENJADI KENYATAAN

r-u-t
DAMBAAN HIDUP BAHAGIA MENJADI KENYATAAN
RUT 4

1.Setiap orang mempunyai dambaan hidup bahagia. Punya keluarga, badan sehat dan tentunya rejeki yang berlimpah. Dalam kehidupan Rut tadinya semua dambaan tadi makin jauh dari kenyataan. Mengembara ke negeri Kanaan sebagai orang asing menemani Naomi ibu mertua dengan menyandang status janda dan secara social ekonomi masuk dalam kelas miskin

2.Ada yang hidup miskin sampai akhir hidupnya. Tidak demikian dengan Rut. Rut telah meninggalkan tanah airnya dan juga ilah ilahnya. Imannya kepada Tuhan Allah Abraham, Ishak dan Yakub membuahkan hasil. (ingat pengakuan iman Rut di fasal 1: 16 -bangsamulah bangsaku, Allahmuah Allahku). Tuhan Allah yang telah memberkati Abaraham juga memberkati Rut . Fasal 4 memperlihatkan puncak kebahagiaan Rut.

3.Ada prosedur untuk menikahi Rut sang janda. Penebus dari keluarga terdekat Elimelekh, bertugas menikahi Rut dan juga membeli kembali ladang milik Elimelekh, dengan maksud memberi keturunan kepada keluarga Elimelekh. Boas memberi kesempatan terlebih dulu kepada keluarga terdekat tadi, tetapi ketika keluarga terdekat menolak memakai kesempatan itu, maka Boas dalam urutan berikutnya dengan segala senang hati bertindak sebagai penebus, dengan menikahi Rut. Anak pertama yang akan lahir menurut hukum menjadi anak dan waris Makhlon dan Elimelekh, sehingga iapun menjadi pemilik ladang yang mesti dibeli kembali.

4.Boas menjadi lambang PL dari Yesus Kristus yang juga menebus orang percaya dalam dua hal.
4.1) Kristus telah menebus kita dengan darah-Nya sendiri sehingga dengan demikian memelihara hidup dan nama kita dari kebinasaan dalam dosa (Yoh 3:16; 1Pet 1:18-19).
4.2) Dia memasukkan kita sebagai orang tertebus dalam warisan abadi-Nya di langit baru dan bumi baru (Mat 5:5; Wahy 21:1-7).

5.Sekalipun Naomi telah mengalami kesusahan dan kemalangan besar di dalam hidupnya, dia tetap memelihara imannya kepada Allah. Karena imannya yang tekun itu, Allah telah mengatur aneka peristiwa sehingga hidupnya berakhir dengan kebaikan dan berkat. Rut 4:16 – meletakkannya pada pangkuannya
Dengan upacara itu anak itu oleh Naomi diangkat menjadi anaknya sendiri, bdk Kej 48:5. Ia memang tidak lagi mempunyai anak laki-laki. Upacara itu juga lazim pada bangsa-bangsa di sekitar Israel. Rut 4:17 – Obed berarti abdi (yakni abdi Tuhan) Dengan mengangkat anak Boas dan Rut menjadi anaknya sendiri Naomi menjadi juga nenek raja Daud.

6.Boas mendapatkan dambaan hidupnya seorang istri Rut : lemah lembut, tak pantang menyerah, taat dan mengasihi orang tua. Rut mendapatkan juga dambaan hidupnya dalam diri suami Boas: kaya, pandai, berwibawa, rendah hati, dan berkepribadian menarik. Mereka sebagai suami istri mendapatkan dambaan hatinya dengan lahirnya seorang anak yang diberi nama Obed. Mereka semua termasuk Naomi mengakhiri hidupnya dengan bahagia menikmati berkat berkat Tuhan.
Boleh kita juga berdoa agar dambaan atau kerinduan hidup yang diberkati dan bahagia dalam Tuhan menjadi kenyataan.

Leave a Comment