DI FITNAH

KUNCI KER SORGA
DI FITNAH –
I Pet.2:12

Ay 12: “Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka”.

1.‘Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi’.

Pada abad-abad pertama, di negara-negara kafir / non Yahudi, orang kristen selalu dicampur-adukkan / disamakan dengan orang Yahudi, dan karena orang Yahudi selalu dianggap sebagai pengacau, maka orang kristen juga mendapat predikat serupa. Karena itu, ini makin menyebabkan orang kristen harus hidup sedemikian rupa sehingga orang menyadari bahwa mereka berbeda dengan orang Yahudi.

Adalah biasa bagi orang-orang kafir untuk memfitnah orang-orang kristen yang tidak mau hidup sesuai dengan cara mereka. Sebagai orang kristen, kita tidak boleh membalas fitnah dengan fitnah. Cara terbaik untuk membungkam mereka adalah dengan menunjukkan kehidupan yang baik. Ini akan membuktikan fitnahan mereka sebagai fitnahan. Ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh membantah fitnahan itu, kalau hal itu memungkinkan. Tentu saja kita boleh melakukan hal itu, tetapi seringkali sukar untuk membantah suatu fitnahan. Maka yang harus kita lakukan adalah justru dengan memiliki cara hidup yang baik, supaya akhirnya terlihat bahwa fitnahan itu merupakan sesuatu yang salah.

2. ‘mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana’.

Fitnah adalah mengatakan sesuatu yang tidak sebenarnya. Bahkan tidak ada dasar kebenarannya. Dengan perkataan lain menuduh tanpa bukti. Bagi yang difitnah ini sungguh menyakitkan.
Banyak macam fitnahan yang diberikan kepada orang-orang kristen pada jaman itu, yaitu:
1. Kanibal, karena makan daging / tubuh Yesus dalam Perjamuan Kudus.
2.Tidak bermoral, dan bahkan incest (= perzinahan dalam keluarga), karena adanya pertemuan mereka yang disebut ‘Love Feast’ (= Pesta Kasih).
3. Merusak rumah tangga, karena sering rumah tangga pecah / geger, karena sebagian menjadi kristen dan sebagian tidak. (Mat 10:34-36 )-
4.Tidak setia / berkhianat kepada kaisar, karena mereka tidak mau menyembah kaisar / mengakui kaisar sebagai Tuhan.( Kis 17:7b )

Renungan
Pernahkah sdr difitnah karena iman Kristen? Bagaiamana rasanya? Ingin membalas ? Ingat bahwa Kristus juga pernah difitnah, dan seseorang murid tidak lebih dari Gurunya. Sudahkah anda mendoakan pemfitnah tadi? Sudahkah anda mengampuni pemftinah tersebut?

THANK YOU

Leave a Comment