DISIAPKAN UNTUK MENGHADAPI PEPERANGAN

peta-perj-padang-gurun

DISIAPKAN UNTUK MENGHADAPI PEPERANGAN!
Bilangan 1:1-2:34

1.Umat Israel keluar dari Mesir, dengan jumlah sekitar dua juta orang (Kel. 12:37). Bagaimana komunitas besar tersebut menghidupi setiap anggotanya dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan mereka, kalau bukan Tuhan yang memelihara mereka dengan roti Manna (Kel. 16:35) dan kehadiran-Nya lewat kemah suci yang didirikan di tengah-tengah perkemahan umat.
2.Kitab Bilangan ini dibuka dengan penyebutan banyak nama seperti Elizur, Selumiel, Nahason, (Bil.1:5-7) dan seterusnya dapat anda baca sendiri. Nama nama ini akan menjadi pemimpin dari suku bapa leluhurnya (Bil.1:16). Kemudian setelah itu dicatat jumlah pasukan dari masing masing suku seperti dari Suku Ruben ada 46,500 orang, Suku Simeon ada 59,300 orang (Bil.1:21, 22) dan seterusnya dapat anda baca sendiri.
3.Perhatikan penyebutan panji-panji dari masing-masing suku dan penyebutan laskar untuk setiap suku, (Bil.2:2),kesemuanya merupakan bahasa militer, yang menunjukkan kesiapan umat Israel berperang. Dengan sendirinya Panglima Perang Israel ialah TUHAN, Allah mereka. Menarik untuk dicatat juga, di sensus pertama ini, suku Lewi dikecualikan. Sedangkan untuk pengaturan perkemahannya, suku Lewi mendapat tempat khusus, yaitu di sekitar kemah suci (2:17). Ayat 17 ini menarik sekali karena seolah-olah pengaturan perkemahan itu sekaligus pengaturan keberangkatan pasukan Israel ke medan peperangan.
APLIKASI
4.Berbicara tentang angka, jumlah diatas maka itu merupakan pemenuhan janji Tuhan kepada Abraham bahwa anak cucumu akan seperti bintang dilangit banyaknya. Sekarang janji itu dipenuhi menjadi kenyataan. Mengingat itu maka menjadi pegangan bagi kita bahwa Firman Tuhan itu , ya dan amin,. Semua janji dalam Firman Tuhan akan digenapi sesuai dengan waktu Tuhan. Jangan ragu untuk berpegang pada janji Tuhan. Ketika jumlah itu dihitung mengingatkan kita bahwa Tuhan sebagai gembala juga menghitung domba dombanya. Tidak ada yang lolos dari hitungan sensus Tuhan. Anda pun terhitung sebagai domba domba Tuhan. Jangan merasa bahwa anda dilupakan oleh Tuhan.
5.Kemudian penyebutan nama nama yang begitu banyak dan asing bagi kita. Saya percaya begitu kita selesai membaca nama nama itu, kebanyakan dari kita sudah lupa akan nama nama yang kita baca tadi,
Tidak demikian dengan Tuhan Allah Bapa kita. Jumlahnya Dia tahu semua anak anakNya dimuka bumi ini dan lebih indah lagi semua yang banyak itu mempunyai nama dan lebih hebat lagi Dia ingat dan tidak satupun yang Dia lupakan. Ini adalah penghiburan bagi kita, nama anda diingat oleh Allah Bapa kita.

6.Umat Tuhan keluar dari Mesir bukan untuk berwisata, tetapi mereka mengemban misi untuk pergi ke tanah Kanaan, memerangi penduduknya dan menduduki tanah perjanjian tadi. Oleh Karena itu mereka disiapkan untuk bertempur dan pasukan perang di organisasikan.
Umat Tuhan masa kini pun kita juga dipersiapkan sebagai pasukan Allah yang setiap waktu harus berperang melawan musuh-musuh Allah yaitu kuasa kuasa kegelapan dan antek anteknya (Ef. 6:10-13). Syukuri pemeliharaan Tuhan, termasuk penyediaan perlengkapan peperangan rohani. Mari kita teruskan perjalanan menuju tanah perjanjian sorgawi dan langit baru bumi baru.

Leave a Comment