DMITRI BERCERITA

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU KE 3- HANYA MENCARI KENIKMATAN JASMANI

 

FASAL 3 -5-DMITRI BERCERITA KISAH CINTANYA KPD ALOYSHA

1.Alyosha meninggalkan biara dan khawatir tentang pertemuannya dengan Katerina. Meskipun dia percaya bahwa dia memiliki niat mulia terhadap Dmitri,  pada Alyosha ada rasa takut yang samar-samar yang dia rasakan tentang pertemuan itu. Secara kebetulan, Alyosha bertemu   Dmitri dalam perjalanan untuk melihat Katerina, dan Dmitri ingin berbicara. Dia baru saja minum minuman keras. Dia ingin memberi tahu Alyosha semua masalahnya dan berpikir bahwa hanya Alyosha yang akan mengerti.

2.Dmitri mengaku pada Alyosha,  tentang sejarah kencannya dengan beberapa  wanita, menghabiskan uang  dan kemudian  meninggalkan, dan umumnya bertindak dengan “sensualisme serangga”, artinya habis manis lalu dibuang.  Kemudian dia menceritakan kepada Alyosha kisah bagaimana dia bertemu Katerina adalah putri komandan kamp.  ​​Katerina adalah gadis yang angkuh dan cantik yang selalu mengabaikan Dmitri.

3.Suatu hari, Dmitri ketika berdinas militer,ia mengetahui bahwa komandan telah meminjamkan 4.500 rubel kepada seseorang yang tidak bisa  mengembalikannya. Dmitri memberi tahu kakak perempuan Katerina bahwa walikota  akan datang meminta pertanggungan jawab uang tadi. Dmitri berkata bahwa  jika ayahnya tidak ingin diadili di pengadilan atau dipenjara, dia harus mengirim Katerina untuk mengunjungi kamar Dmitri. Dmitri berencana untuk meniduri gadis itu, tetapi ketika Katerina mengunjunginya, Dmitri tidak mencoba untuk tidur dengannya atau melakukan sesuatu yang tidak sopan. Sebagai gantinya, dia memberinya uang tanpa ikatan. Dia menemukan dirinya sebagai  “orang mulia dan murah hati” sementara dia sebenarnya hanya seorang kutu busuk. Dmitri  memberinya uang dengan hormat, dan dia pergi tanpa berkata-kata

4.Kemudian hari  ayah Katerina meninggal. Ketika dia mendapat warisan besar dari seorang kerabat, dia mengunjungi Dmitri lagi, sangat bersyukur atas kemurahan hatinya terhadap ayahnya. Dia menawarkan uang yang dia pinjamkan pada ayahnya dan menawarinya untuk menikah. Dia menerima.

5.Ketika Dmitri kembali ke kota Fyodor, bagaimanapun, ia menjadi terobsesi dengan seorang gadis bernama Grushenka. Katerina tetap setia kepadanya meskipun dia telah mendengar desas-desus tentang hubungannya dengan Grushenka. Dia memberinya 3.000 rubel dan memintanya untuk memberikan uang kepada saudara tirinya, tetapi dia membelanjakannya untuk berfoya foya dengan Grushenka. 6.Hutang uang dan moral Dmitri kepada Katerina membuatnya tidak dapat menanggung cinta Katerina, jadi dia meminta Alyosha untuk memutuskan pertunangannya dengan Katerina. Lalu dia memberi tahu Alyosha bahwa dia ingin Aloysha  pergi ke Fyodor, ayahnya dan meminta 3.000 rubel untuknya. Dia tahu bahwa Fyodor memiliki amplop dengan 3.000 rubel untuk Grushenka, tetapi dia merasa bahwa Fyodor secara moral berhutang budi kepadanya atas perlakuan buruknya terhadap ibu Dmitri yang telah meninggal.. Dmitri ingin membayar Katerina dan tidak pernah meminta uang lagi.

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGAKN:

Sebagai orang Kristen yang baik kita perlu menghindari Gaya hidup Dmitri yang  mengumbar hawa nafsu minum dan main perempuan. Disamping itu dia juga mau memperalat adiknya Aloysha untuk meminta uang kepada ayahnya untuk kepentingan Dmitri sang kakak.

Galstia 6:19- Perbuatan daging telah nyata, yaitu:percabulan, kecemaran, hawa nafsu,

Gal 6:21 ……..bahwa baransiapa melakukan hal hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

 

 

Leave a Comment