GRIGORY

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU KE 3- HANYA MENCARI KENIKMATAN JASMANI

 

 

FASAL 1 , 2 GRIGORY, MARFA. LIZEVITA DAN  SMERDYAKOV

1.Novel bergeser ke masa lalu dan menghabiskan beberapa halaman dengan Grigory Vasilievich dan istrinya Marfa, pelayan Fyodor. Grigory adalah pria yang keras kepala tetapi jujur, dia dengan istrinya merawat putra-putra Fyodor ketika istrinya meninggal.

Kesetiaannya kepada Fyodor luar biasa. Ketika para budak dibebaskan pada tahun 1861, Grigory bebas untuk melakukan apa yang diinginkannya. Istrinya Marfa meminta untuk meninggalkan Fyodor, tetapi Grigory tidak mau mendengarnya. Dia memutuskan bahwa mereka tidak akan meninggalkan Karamazov tua.

2.Beberapa tahun yang lalu, Grigory dan Marfa pernah punya anak. Bocah malang itu memiliki enam jari dan meninggal setelah hanya dua minggu, menghancurkan hati kedua orang tuanya. Ketika Grigory mengubur anak itu, dia mendengar bayi menangis. Bingung dan mengira dia berhalusinasi, Grigory mengikuti suaranya. Dia menemukan seorang wanita sekarat terbaring di tanah. Di sebelah wanita itu dia melihat bayi laki-laki. Wanita itu dikenal sebagai “Bau Lizaveta,” si idiot kota. Dia bertubuh pendek, bisu  dan dia adalah putri seorang lelaki yang keras dan pemabuk.

3.Semua orang menyukainya; dia seperti anak yatim piatu yang dijaga oleh warga kota secara kolektif. Warga di kota akan memberikan makanan dan pakaian, dan ketika mereka menyadari bahwa dia hamil, mereka sangat marah. Desas-desus muncul bahwa satu-satunya orang yang cukup bejat untuk mengambil keuntungan dari orang yang begitu polos dan tak berdaya adalah Fyodor Karamazov. Setelah Grigory dan Marfa menemukan bayi itu, Lizaveta gadis bisu tadi meninggal. Mereka mengadopsi bocah laki-laki dan Fyodor menamainya Smerdyakov.

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

RENUNGAN:

1.Kesetiaan pengabdian Grigory patut dicontoh dalam kita melayani Tuhan.

2.Hidup mereka yang tidak terlalu beruntung (anak nya mati). Orang yang setia kepada Tuhan bisa juga dalam hidupnya mengalami ketidak beruntungan. Bagaimana reaksi kita? Kecewa dan meninggalkan Tuhan? Atau tetap setia mengabdi?

3.Gadis Bisu yang dihamili sampai melahirkan anak Smerdyakov. Hati hati dengan intaian dosa yang mau mengeksploitasi orang yang tidak berdaya.  Bagaimana reaksi kita kalau sanak kadang kita yang menjadi korban seperti gadis bisu tadi?

 

Leave a Comment