HARAPAN MASA DEPAN

TEODISI

IV.BERBAGAI PANDANGAN KRISTEN

 

01.HARAPAN ESKATOLOGIS (MASA DEPAN)

1.Dalam pemahaman ini dimengerti bahwa Tuhan  berjanji bahwa kejahatan dan penderitaan  hanya untuk waktu yang terbatas dalam sejarah manusia. Allah akan mengakhiri semuanya, dan kejahatan akan dijawab dengan benar melalui kehancurannya. Lebih jauh, harapan masa depan yang Tuhan tawarkan akan menghakimi, memberi kompensasi , Dia tempatkan dalam  perspektif kejahatan dunia saat ini.

2.Tentu saja, model ini menimbulkan pertanyaan apakah kebaikan dapat dikatakan benar-benar “menyeimbangkan” kejahatan dan penderitaan. Masa depan Ini dipahami sebagai akhirat dan / atau keadaan akhir dari sejarah umat manusia.

3.Konsekwensi dari pemahaman tadi  maka  Gereja harus menjadi sebuah komunitas yang memandang keadilan masa depan itu dengan melakukannya  sekarang: orang-orang percaya harus menghindari fatalisme dan bekerja menuju shalom yang dijanjikan Allah, masa depan perdamaian dan keadilan yang sempurna dimana Tuhan Allah telah memulainya diatas salib. . Perlawanan terhadap kejahatan dan penderitaan bisa menjadi bentuk ketaatan kepada Tuhan.

SUMBER:

https://www3.dbu.edu/mitchell/documents/TheodicyOverview.pdf

 

Note:

Theodicy  (bhs Inggris) ada yang menerjemahkan dengan Teodisi, Teodise atau Teodisae, dalam bahasan  istilah Teodisi lebih banyak yang memakainya .

Teodisi Kristen adalah  ilmu yang mencoba menjelaskan relasi antara Allah yang mahakuasa, berdaulat, adil dan maha baik dengan kenyataan adanya penderitaan dan kejahatan didunia ini.

 

Leave a Comment