HIDUP BERPADANAN DENGAN PANGGILANMU

ephesians
HIDUP BERPADANAN DENGAN PANGGILANMU
Efesus 4:17-32

1.Orang orang muda di Singapura ketika mencapai usia 18 tahun akan dipanggil dan didaftar untuk mengikuti wajib militer atau National Service.
Mereka diharuskan menjalani wajib militer sepenuh waktu (disebut Full Time National Servicemen, NSF) selama dua tahun dan akan akan berdinas di Angkatan Bersenjata Singapura (Singapore Armed Forces, SAF), Kepolisian Singapura (Singapore Police Force, SPF), atau Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (Singapore Civil Defence Force, SCDF).
Apabila seseorang yang wajib mengikuti wamil ini sudah selesai menjalani dinasnya secara penuh, mereka akan masuk golongan pasukan cadangan dimana dalam keadaan darurat mereka akan dipanggil untuk melaksanakan tugas membela negara.

2.Orang orang Kristen dipanggil keluar dari hidup lama mereka, meninggalkan hidup lama dan memulai hidup baru. Panggilan hidup baru bukan hanya setahun atau dua tahun, tetapi sepanjang waktu kehidupan kita. Dalam menjalani hidup barru kita akan selalu berperang dengan kuasa kuasa lama,kebiasaan kebiasaan dosa lama yang mau mencoba menjajah dan membelenggu kita kembali. Dengan pertolongan Roh Kudus kita harus dan bisa mengalahkan semua godaan godaan tadi. Peperangan rohani ini terjadi sepanjang kehidupan kita. Jangan takut karena Roh Kudus senantiasa berada dipihak kita untuk menolong kita meraih kemenangan rohani.

3.Dalam perjalanan hidup baru ini ada peringatan serius di Efesus 4:30 – “…jangan kamu mendukakan Roh Kudus Allah”?
Kalimat “…mendukakan…”(grieve) yang dimaksud disini adalah sebuah rasa yang diakibatkan oleh karena perbuatan/ tindakan secara sadar yang menimbulkan kesedihan. Itu berarti kalimat “…mendukakan Roh Kudus Allah…” adalah perbuatan yang dilakukan secara sadar untuk bertentangan dengan kehendak Allah, sehingga menimbulkan rasa duka pada Roh Kudus. Tindakan tersebut seperti : marah, mencuri, berkata kotor, menyimpan kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, fitnah dan segala kejahatan (ay. 25 – 29, 31).
4.Jika orang percaya berduka, maka hal itu terjadi karena realitas yang harus dihadapi, seperti orang yang dikasihi mendahului atau meninggal, namun jika Roh Kudus berduka, itu karena perbuatan orang percaya secara sadar bertentangan dengan kehendak Allah. Sekalipun perbuatan tersebut mendukakan, Roh Kudus bekerja menginsafkan, membimbing dan memimpin seseorang kepada pertobatan dan pembaruan hidup.

5.Firman Tuhan saat ini mengantar kita agar tidak lagi mendukakan Roh Kudus atau secara sadar melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Allah. Jika hari ini saudara masih melakukan perbuatan yang mendukakan Roh Kudus, maka firman ini hendak mengingatkan saudara agar berhenti dari segala perbuatan dan tindakan tersebut.Panggilan anda dan saya adalah untuk membangun hidup baru dan menampakkan buah buah hidup baru yang memuliakan Allah.

Leave a Comment