HIDUP DALAM UCAPAN SYUKUR DAN DOA

filipi2
HIDUP DALAM UCAPAN SYUKUR DAN DOA
Filipi 1:3-11

1.Mampu melihat yang baik melahirkan ucapan syukur. Kalau yang dilihat hanya sisi kelam dari hidup akan menghasilkan keluhan, omelan dan gerutuan. Mungkin ada orang yang “berbakat” melihat sisi sisi yang positif dari hidup dan yang lainnya “berbakat” hanya melihat sisi negative dan sisi yang gelap. Sebagai orang Kristen kita diajak untuk melihat hidup dari sudut Tuhan yang sudah memberkati dengan keselamatan , pemeliharaan dan perlindungan dalam kasih setianya. Hidup dari sudut pandang ini akan melahirkan ucapan syukur kepada Tuhan , terima kasih kepada orang disekeliling kita dan dapat menikmati hidup.

2.Rasul Paulus dalam imannya kepada Tuhan dimampukan untuk bersyukur seperti yang dituliskan dalam Filipi 1:3-11.Rasul mendaftarkan syukurnya mengingat jemaat Filipi. Mengapa? Karena orang orang Filipi yang bertobat, percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup sebagai jemaat Tuhan. Rasul bersyukur untuk jemaat Filipi yang ikut ambil bagian dalam berita injil ( baik penginjilan dalam hidup mereka dan juga mendukung secara finansial untuk rasul Paulus yang menginjil).

3.Sudahkah kita bersyukur kepada Tuhan untuk jemaat kita? Untuk para pendeta yang Tuhan tempatkan, untuk para penatua, diaken yang bertugas, untuk para guru sekolah minggu, pemimpin pemuda, paduan suara, dan semua orang baik yang aktif melayani atau anggota jemaat? Sudahkan kita bersyukur untuk negara dimana kita hidup? Sudahkah kita bersyukur untuk berkat Tuhan atas negara kita? Anda dipersilahkan untuk menambahkan pokok pokok lain yang atasnya anda dapat bersyukur kepada Tuhan.

4.Patut kita catat pula Rasul yang mendoakan jemaat di Filipi 1:9-11. Rasul berdoa agar kasih mereka makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. Anggota jemaat diselamatkan oleh kasih Kristus. Kasih bukan suatu teori yang harus dipelajari. Kasih adalah sesuatu yang telah mereka alami. Didoakan agar mereka juga bertumbuh dalam kasih kepada Allah dan kasih kepada sesame. Itu belum cukup mereka juga diharapkan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar dan segala macam pengertian. Disini sebagai orang Kristen diharapkan memiliki target untuk belajar Firman Tuhan sehingga pegetahuan dan pengertian tentang siapa Tuhan, apa yang telah Dia lakukan dan hidup yang bagaimana yang dikehendaki Tuhan makin difahami dan makin dimampukan memilih apa yang baik untuk hidup suci menjelang hari kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.

5.Ini juga menjadi doa pendeta jemaat saudara, doa para pemimpin gereja untuk semua anggota jemaat dan lebih penting lagi ini menjadi kerinduan Tuhan Yesus agar kasih saudara makin melimpah, demikian juga pengetahun dan pengertian akan Firman Tuhan. Mengingat doa untuk saudara dan juga menjadi kerinduan Tuhan Yesus mari kita mengusahakan dan mempraktekan kasih dalam konteks jemaat, konteks keluarga, konteks ditempat kerja, di konteks sekolah dan ditengah masyarakat. Mempraktekkan kasih kepada sesama dengan terus hidup dalam persekutuan kasih dengan Tuhan Yesus sumber kasih. Bersamaan dengan itu kembangkan kasih dan kerinduan untuk menambah pengetahuan dan pengertian akan Firman Tuhan.

Leave a Comment