IMAN DAN KESELAMATAN

TEOLOGI SISTIMATIKA

TS 29-MELALUI  IMAN  MENERIMA KESELAMATAN

EFESUS 2:1-10

1.Efesus 2:1-10 pertama tama  menguraikan tentang keadaan kita orang beriman/orang Kristen  sebelum diselamatkan; kedua bagaimana kita  diselamatkan; ketiga kita bagaimana harus hidup setelah diselamatkan.

 

2.Keadaan Orang Percaya SEbelum Diselamatkan. Keadaan mereka mati secara rohani karena pelanggaran dan dosa dosa (sebagai akibat mereka adalah keturunan Adam dan Hawa). Keadaan ini tampak dari hidup menurut cara dunia , pikiran jahat, dengan segala hawa nafsu dan dosa dosa dunia dan mereka menjadi penurut kuasa setan karena dibelenggu oleh kuasa setan (Ef 2:1-3). Dalam keadaannya ini manusia berada dibawah murka dan hukuman Allah (Ef 2:3).

 

3.Bagaimana Orang Orang Percaya Tadi  Diselamatkan?. Karena kasih karunia (kebaikan Allah sepenuhnya) , Dia menghidupkan /membangkitkan dari kematian rohani. Hal membangkitkan dari kematian rohani menjadi bangkit sebagai manusia baru ini terjadi bersamaan dengan Allah membangkitkan Kristus dari kematianNya. Orang yang percaya ini dijadikan manusia baru (lahir baru) atau dalam keadaan selamat. Ini semua karya Allah dan tidak ada usaha atau andil manusia.Karunia kebaikan Allah tidak berhenti disini karena nanti kita akan menerima  berkat berkat lain yang disediakan bagi kita orang orang yang telah ditentukan dan dipilihNya untuk menerima kebangkitan hidup baru . (Ef.2:7, band.Roma 8:29,30).

 

4.Agar keselamatan dan kebangkitan manusia baru ini menjadi terealisasi menjadi milik kita maka kepada kita diberikan Iman atau percaya  bersamaan dengan kebangkitan sebagai manusia baru, iman ini gunanya untuk menyambut pemberian keselamatan dan kebangkitan manusia baru ini. Dengan kebangkitkan tadi kita sudah hidup sebagai manusia baru, yang dilengkapi dengan iman kepercayaan yang mampu menyambut keselamatan pemberian Allah tadi dengan ucapan syukur.Iman dalam hal ini adalah seperti tangan yang terulur menyambut keselamatan pemberian Allah dan dengan tangan yang terlipat  kita juga mengucapkan syukur untuk pemberian keselamatan yang ajaib dan luar biasa kebaikan Allah.

 

5.Setelah selamat, setelah dibangkitkan menjadi manusia baru karena kebaikan Allah tadi, apa yang harus kita lakukan? Efesus 2:10 menjawab dengan singkat – kita ini buatan Allah dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik dan supaya kita hidup dengan melakukan pekerjaan baik tadi.  Jadi kalau kita berusaha melakukan segala kebaikan bukanlah dimaksudkan supaya kita selamat dan masuk surga.Yang benar adalah kita berbuat baik karena kita telah diselamatkan, karena kita telah dijadikan manusia baru.

 

6.Dari uraian diatas dapat pula kita simpulkan bahwa pertama tama kita dibangkitkan dari kematian rohani atau dilahirkan kembali, kedua bersamaan dengan itu kita  menerima pemberian iman sehingga kita mampu mempercayai dan menysukuri pemberian Allah dalam hidup kita yang telah dibangkitkan menjadi manusia baru. Dalam iman pula kita menyambut maksud Allah bagi kehidupan baru kita yaitu melakukan segala yang baik untuk memuliakan Allah dan menjadi berkat bagi sesama. Dalam iman ini pula kita mempercayai Kristus yang telah mati dan bangkit untuk keselamatan kita.

 

SUMBER:

http://www.pesta.org/node/1523

 

 

Leave a Comment