IMPLIKASI KEBANGKITAN

TEOLOGI SISTIMATIKA

FS.24- IMPILIKASI KEBANGKITAN KRISTUS BAGI ORANG PERCAYA

 

Kebangkitan Kristus tidak hanya terjadi pada masa itu (sekitar tahun 33), tetapi kebangkitan itu memiliki dampak bagi orang percaya dalam segala zaman.

1.Kebangkitan Kristus menjamin keselamatan kita.
Paulus dalam Roma 10:9 untuk menunjukkan kepada kita bahwa percaya kepada Kristus, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, merupakan jaminan akan keselamatan dari Allah. Bob Deffinbaugh menyimpulkan demikian: “Personal faith in the resurrection of Christ is therefore necessary because it is a vital element in a faith that leads to salvation.” (21)

2,Kebangkitan Kristus menjamin regenerasi kita.
Petrus dalam suratnya (1Ptr. 1:3) menghubungkan kebangkitan Kristus dengan kelahiran baru setiap orang percaya. Seseorang tidak dapat lahir baru ketika dia menjadi Kristen. Kelahiran baru hanya mungkin terjadi melalui karya Kristus, yaitu kematian dan kebangkitan-Nya. Grudem menyimpulkan: “Thus, it is through His resurrection that Christ earned for us the new kind of life we receive when we are born again.” (22)

3.Kebangkitan Kristus menjamin pembenaran kita.
Paulus di dalam surat Roma (Rm. 4:25) menjelaskan bahwa kebangkitan Kristus berkaitan dengan pembenaran orang percaya. Allah menerima pembenaran kita di hadapan-Nya melalui kematian dan kebangkitan Kristus. Pembenaran orang percaya menjadi sempurna ketika Kristus telah dibangkitkan. Charles L. Feinberg menuliskan hal ini demikian: “The resurrection of Christ proves beyond a doubt that God has accepted His death for humankind as the full satisfaction of His claims for human justification.” (23)

4.Kebangkitan Kristus menjamin pengudusan kita.
Dalam Roma 6:4 Rasul Paulus menjelaskan bahwa melalui kematian dan kebangkitan-Nya, kita (orang percaya) akan hidup dalam hidup yang baru. Dalam proses kehidupan di dalam Dia, kita mungkin lemah dan bisa jatuh dalam dosa. Namun Dia yang hidup akan memberikan kekuatan dan kemenangan kepada kita. Hal dapat terjadi, karena kita telah disatukan di dalam kematian dan kebangkitan-Nya. (24)

5.Kebangkitan Kristus memberi harapan untuk kebangkitan orang percaya di akhir zaman.
Kebangkitan Kristus meyakinkan kita bahwa suatu hari kelak kita akan dibangkitkan. Rasul Paulus dalam 1 Korintus 15 menjelaskan bagian ini dengan tepat sekali. “Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal” (ay. 20). Kebangkitan Kristus akan menjadi dasar dari kebangkitan orang percaya pada akhir zaman. (25)

SUMBER:

Tulisan   Ev. Otniol H. Seba di :

https://christianreformedink.wordpress.com/reformed-theology-2/christology/kebangkitan-kristus-kisah-kebohongan-sepanjang-masa/

 

 

 

Leave a Comment