IPTEK 69

PELENGKAP KATEKISMUS HEIDELBERG: Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)

69. Pertanyaan: Bagaimana peranan gereja dalam penerapan iman pada ilmu pengetahuan dan teknologi?

Jawab: Di dalam persekutuan orang percaya, para ahli teologi dan nonteologi Kristiani mempunyai tanggung jawab khusus untuk menerapkan kebenaran iman Kristen di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.a Ini tugas yang sangat penting agar seluruh umat mendapatkan patokan yang jelas, terutama di bidang etika, dalam penerapan teknologi. Gereja bertanggung jawab menyediakan informasi yang benar dan terus-menerus mengadakan pembinaan tentang hal-hal tersebut.
Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi selalu ada campuran antara berkat dan bencana. Tidak ada hasil ilmu pengetahuan dan teknologi yang hanya mendatangkan berkat atau hanya mendatangkan bencana. Oleh karena itu, setiap orang Kristen mempunyai tanggung jawab untuk memilih dan memilah antara berkat dan bencana yang disebabkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.
Gereja reformatoris tidak bisa melepaskan warganya begitu saja untuk mengambil tanggung jawab sendiri. Meskipun gereja memberikan kebebasan untuk mengambil keputusan etis masing-masing, Gereja harus memberikan informasi atau pembinaan yang cukup dengan bimbingan Roh Kudus.b
Dengan demikian diharapkan setiap warga mampu membuat keputusan yang baik dan benar. Dalam rangka mewujudkan misi penciptaan, Gereja harus senantiasa menyuarakan kebenaran tentang penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendatangkan berkat bagi seluruh ciptaanc dan meminimalkan bencana.
___________________________________________________________________
a. Roma 15:1: Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri. (band. Katekismus Heidelberg, pert. 55)
b. 2 Korintus 3:17: Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
c. Markus 16:15: Lalu Ia berkata kepada mereka: ā€œPergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.ā€ Roma 8:19: Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan

SUMBER:
http://www.heidelberger-katechismus.net/daten/File/Upload/PKH1-04Indonesia.pdf

S E L E S A I BAHASAN KATEKISMUS INI.