KANON ALKITAB

TEOLOGI SISTIMATIKA

FS 03 E-KANON ALKITAB

 

1.Kanon Alkitab Kristen merupakan sekumpulan kitab yang dianggap oleh suatu denominasi Kristen sebagai terinspirasi secara ilahi dan dengan demikian membentuk sebuah AlkitabKristen. Kendati Gereja perdana utamanya menggunakan Septuaginta (Perjanjian Lama Yunani, atau LXX) atau Targum dalam kalangan yang berbahasa Arampara Rasultidak mewariskan sebuah set kitab-kitab suci baru yang sudah terdefinisikan dengan jelas sehingga kanon Perjanjian Baru dikembangkan seiring berjalannya waktu.

Sebagaimana perkembangan kanon Perjanjian Lama, kanon Perjanjian Baru juga mengalami proses secara bertahap. Sebuah artikel dari Catholic Encyclopedia tentang Perjanjian Baru menjelaskan proses perangkaian berbagai surat dan sejarah yang beredar dalam Gereja awal mula sampai kanon tersebut disahkan oleh serangkaian konsili yang berupaya memastikan legitimasi kitab-kitab tersebut sebagai kitab suci yang terinspirasi atau terilhami.

Ringkasnya: Kata “Kanon” berarti “standar” atau “aturan”.  Ia adalah daftar dari Tulisan-Tulisan yang berwibawa dan diinspirasikan oleh Allah. Agama yang berbeda memiliki kanon yang berbeda.

 

2.Dalam Yudaisme, kanon hanya terdiri dari kitab-kitab Perjanjian Lama. Dalam Kristen Protestan, kanon adalah kumpulan tulisan dalam Alkitab yang terdiri dari 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru.

Dalam Gereja Roma  Katolik  ada  kitab-kitab  lain yang disebut Apokrip atau  kitab apocryphal: Tobit, Yudith, 1 and 2 Makabe, Kebijakan Salomo, Ecclesiasticus (Sirakh), dan Barukh. Perlu saya tambahkan di sini adalah bahwa kaum Katolik Roma berpendapat bahwa kitab-kitab apocryphal tersebut juga diinspirasikan oleh Allah dan mereka didukung juga oleh kaum Kristen Ortodoks Timur, Koptik dan gereja-gereja Armenian. Gerakan Protestan menolak kitab-kitab apocryphal tersebut. Kitab kitab Apokrip ini disebut juga sebagai Deutero Kanonika  atau kanon yang kedua. Wibawanya tidak diterima di gereja gereja Protestan karena hanya berpegang pada Kanon yang satu saja dg Perjanjian Lama berjumlah 39 kitab dan Perjanjian Baru berjumlah 27 kitab

 

3.Dalam Mormonisme, 4 kitab tambahan ditambahkan ke dalam Kanon: The book of Mormon (kitab Mormon), the Book of Abraham (Kitab Abraham), the Doctrine and Covenants (Doktrin dan Perjanjian), dan the Pearl of Great Price (Mutiara yang sangat berharga).

 

4.Dalam Christian Science satu kitab lain ditambahkan ke dalam Kanon. Kitab ini berjudul “Science and Health with Key to the Scriptures” (Sains dan Kesehatan dengan Kunci ke dalam Pemahaman Alkitab) yang ditulis oleh Mary Baker Eddy.

 

5.Dalam Islam, kitab-kitab kanon mereka disebut Al Quran.

Kanon Kristen Protestan
Perjanjian Lama Perjanjian Baru

Pentatuk (kelima kitab Musa) – 
5 kitab
Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, UlanganKitab-kitab Sejarah – 12 kitab
Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-Raja, 2 Raja-Raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester.

Puisi – 5 kitab
Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung

Nubuat – 17 kitab
Nabi-nabi besar – Yesaya, Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel
Nabi-nabi kecil   – Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi


Kitab-kitab Sejarah
 –  5 kitab
Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Kisah Para RasulSurat-surat Paulus – 13 kitab
Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 Tesalonika, 2 Tesalonika. 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon

Surat-surat non Paulus – 9 kitab
Ibrani, Yakobus, 1 Petrus, 2 Petrus, 1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas, Wahyu

 

Catatan:  Beberapa penulis menggolongkan kitab Ibrani sebagai surat dari Paulus.

 

SUMBER:

https://carm.org/languages/indonesian/apakah-kanon-alkitab-itu

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kanon_Alkitab_Kristen

 

 

 

Leave a Comment