KEBENCIAN

KARAMAZOV BERSAUDARA (KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 4- HATI YANG TERLUKA

 

FS.1-4-KEBENCIAN  DIDALAM DAN DILUAR BIARA

1.Elder Pastor Zossima sedang sekarat, dan para pengikutnya berkerumun di sekitar tempat tidurnya. Dia memberi tahu mereka teorinya tentang tanggung jawab bersama. Manusia tidak bertanggung jawab atas dosa-dosanya saja; dia menanggung sebagian dari beban dosa-dosa semua orang lain. Alyosha sangat sedih dengan kondisi Pastor Zossima, jadi dia pergi. Dia tahu bahwa semua orang mengharapkan keajaiban ketika Zossima meninggal. Banyak yang berpikir bahwa Pastor Zossima hampir seperti orang suci — kecuali beberapa pencela seperti Pastor Ferapont.

2.Pastor Ferapont membenci semua Elder, terutama Pastor Zossima. Dia menganjurkan asketisme berat. Dia percaya bahwa iblis bekerja dalam segala hal. Pastor Zossima meminta untuk melihat Alyosha di selnya. Dia memberi tahu Alyosha bahwa tempat anak laki-laki itu tidak ada di biara tetapi di samping saudara-saudaranya dan ayahnya. Mereka membutuhkan bantuannya lebih dari biara.

3.Ketika dia kembali ke kota, Alyosha menemukan ayahnya sedang duduk sendirian. Fyodor mengatakan dia ingin hidup lebih lama. Dia bilang dia butuh uang untuk membuat wanita tidur dengannya di usia tuanya — jadi dia harus hemat untuk melanjutkan gaya hidupnya dengan pesta pora. Dia bersumpah bahwa dia akan menjadi hedonis sampai dia mati.

4.Alyosha pergi dan melihat beberapa anak sekolah melempar batu ke anak laki-laki berumur sembilan tahun , yang melemparkan batu kembali dan kemudian melarikan diri. Alyosha berlari mengejar bocah itu, terpesona dengan apa yang akan membuat anak berusia sembilan tahun begitu marah. Dia menemukan anak laki-laki itu, tetapi anak itu tidak akan menjawab pertanyaan Alyosha. Dia akhirnya mengambil batu dan memukul Alyosha dengan itu, menggigit tangannya, dan kemudian melarikan diri, membuat Alyosha bingung. Alyosha pergi mengunjungi Katerina lagi, tetapi dia terkejut menemukan Ivan di atas dengannya.

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-4

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Di Biara kebencian hadir dalam diri Pastor Ferapon, dan diluar biara kebencian hadir dalam diri seorang bocah laki laki yang menggigit tangan Aloysha.

2.Kebencian mengganggu rasa damai dan sukacita, dan juga tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Kebencian harus dibuang dan cinta kasih Kristus harus mengisi hati kita.

3.Petikan dari doa Fransiskus dari Asisi : Lord make me an instrument of your peace. Where there is hatred let me sow love. Tuhan jadikan aku pembawa damaiMu. Dimana ada kebencian biarlah aku menaburkan cinta kasih.

Leave a Comment