KECEWA

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 7- ALOYSHA

 

KECEWA TIDAK ADA KEAJAIBAN

1.Tubuh Pastor Zossima dipersiapkan untuk penguburan. Alyosha dilanda kesedihan, dan Pastor Paisii mencoba menghiburnya. Dia meyakinkan Alyosha bahwa Pastor Zossima ada di Surga dan bahwa hari ini adalah hari paling mulia buat  Zossima. Pastor Zossima diberikan layanan upacara adat, dan menjelang subuh, orang-orang datang untuk melihat tubuhnya. Mereka membawa anak-anak yang sakit bersama mereka karena mereka yakin akan keajaiban  penyembuhan yang besar akan keluar dari tubuh Pastor Zossima yang telah meninggal. Diyakini secara luas bahwa Pastor Zossima adalah seorang suci. Orang-orang berkumpul di sekitar mayat, menunggu keajaiban terjadi.

2.Sebaliknya yang terjadi , tubuhnya mulai membusuk. Ini membantah hipotesis bahwa Pastor Zossima adalah seorang suci. Alyosha tidak mengerti bagaimana orang suci seperti itu dapat terdegradasi sedemikian rupa. Biara terpolarisasi oleh pendapat yang berbeda tentang nasib tubuh Zossima. Kelompok yang beroposisi terhadap Zossima dipimpin oleh Pastor Ferapont, yang bergegas mencoba mengusir setan dari kamar Zossima. Dia menertawakan mendiang alm  karena menuntut agar orang-orang “menyembah [dia] seperti berhala.” Pastor Paisii menghadapinya, marah karena dia mengganggu perdamaian. Dia meminta Ferapont untuk pergi, dan Ferapont membuat jalan keluar yang dramatis, berteriak, “ini adalah tempat yang tidak suci, tidak suci!”

3.Alyosha pergi. Dia tidak mengerti mengapa Allah membiarkan Bapa Zossima dipermalukan dengan cara ini. Dia bertemu Rakitin yang, dengan gaya khasnya, mengejek kesedihan Alyosha dan penghinaan Pastor Zossima. Dengan kilatan di matanya, Rakitin bertanya kepada Alyosha apakah dia ingin vodka atau sosis. Meskipun ia tidak boleh menerimanya karena masa Prapaskah, Alyosha mengambilnya. Tanpa tujuan dan hancur, Alyosha juga menerima tawaran Rakitin untuk mengunjungi Grushenka bersamanya. Rakitin terkejut melihat ketidakpedulian Alyosha dan penerimaan yang cepat atas tawaran-tawaran itu, tetapi dia senang dengan gagasan menonton Alyosha berkompromi sendiri.

 

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-7

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Aloysha kecewa karena tidak ada keajaiban terjadi pada saat kematian Zossima. Juga tidak mengerti mengapa tubuhnya cepat busuk.Mengapa Allah “mempermalukan”orang suci seperti Zossima.

2.Pelajaran bagi kita sekalian agar tidak mengagungkan pemimpin rohani kita demikian rupa sehingga setingkat dengan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus harus tetap ditempat nomer satu dan tidak boleh ada yang lain disampingnya.

3.Dalam kekeceaaannya Aloysha membiarkan diri tergoda dengan makanan dan minuman yag seharusnya tidak boleh meminumnya.  Pelajaran bagi kita, hati hati ketika kita sedang mengalami kekecewaan. Iblis mengintai untuk  menjatuhkan kita. Dekatkan diri kepada Tuhan pada saat dilanda kekecewaan.

Leave a Comment