KEDUDUKAN YANG ISTIMEWA

KUNCI KER SORGA

KEDUDUKAN YANG ISTIMEWA
1 Pet 2:9-10

Ay 9: “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib:”.

1) ‘Tetapi kamulah …’.Setelah membicarakan mereka yang meremehkan / menolak Kristus (ay 7-8), Petrus kembali membicarakan keadaan dari orang pilihan / percaya.

2) ‘bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri’.
2.1. ‘bangsa yang terpilih’. Kuumpulan dari individu individu yang dipilih menjadi sebuah bangsa yang terpilih dengan satu raja yaitu Yeus Kristus
2.2. ‘imamat yang rajani’. tiap orang Kristen adalah imam imam. Imamat yang rajani berarti imam imam yang dipimpin seorang raja saja yaitu raja Yesus Krsitus.
2.3.. bangsa yang kudus ini terdiri dari berbagai suku bangsa, tetapi didalam Kristus mereka telah dipisahkan dari dunia , dipersatukan dalam Kristus dan diperuntukkan hidup bagi kemuliaan Allah. Arti kudus adalah dipisahkan dan dikhususkan hanya untuk kemuliaan
Allah.
2.4.Umat kepunyaan Allah sendiri. Ini bisa terjadi karena orang orang berdosa yang dipilih Allah telah dibeli dengan darah Tuhan Yesus yang mengampuni dosa dan menyucikannya dan sekarang menjadi kepunyaan Allah sebagai suatu umat (kumpulan orang orang percaya)

3. Sebutan-sebutan yang terhormat ini dulunya diberikan kepada bangsa Israel. Sekarang sebutan-sebutan tersebut diberikan kepada Gereja yang adalah persekutuan orang orang Kristen.

MAKSUD TUJUAN
4.‘supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia’.
“Kata Yunani (areth) sebetulnya berarti ‘kwalitet yang baik’, ‘mutu yang baik / keunggulan’ dari segala jenis. Di sini itu berarti keunggulan Allah – kebaikanNya, perbuatan-perbuatanNya yang ajaib, atau hal-hal yang membuatNya layak dipuji. Ini menunjukkan satu tujuan / obyek yang besar untuk mana mereka ditebus.

YANG TELAH DILAKUKANNYA
5 ‘yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib’.
‘dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib’. ‘Kegelapan’ menunjuk kepada dosa, keadaan tanpa harapan; sedangkan ‘terang’ menunjuk kepada kebenaran, kemurnian, sukacita, dan sebagainya.
Orang yang tanpa Injil sering disebut sebagai berada dalam kegelapan. Bandingkan dengan:
· Mat 4:16 – “bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.’”.

RENUNGKAN
1.Mengerti dengan baik akan kedudukan istimewa anda: warga negara bangsa yang terpilih dan bangsa yang kudus, imam imam yang mempunyai raja dan umat Allah.
2.Bersyukur yang tidak ada habis habisnya untuk status sekarang ini seperti dibutir 1 diatas dan menjalani hidup kudus (hanya bagi Allah), memberitakan perbuatan perbuatan Alah yang besar dan mulia serta lakukan tugas sebagai imam

THANK YOU

Leave a Comment