KEKAYAAN YANG LAIN DARI YANG LAIN

ephesians
KEKAYAAN YANG LAIN DARI YANG LAIN
Efesus 1:3-14

1.Dunia dimana kita hidup khususnya pada zaman ini adalah tempat dimana orang berlomba -lomba mengumpukan kekayaan. Latar belakang pemikirannya adalah bahwa kebahagiaan itu ditentukan oleh banyaknya kekayaan. Bicara kekayaan maka kekayaan diukur dengan apa yang dimiliki berupa benda tidak bergerak seperti tanah dan rumah dan juga berapa banyak uang di bank dan uang dikantong. InI adalah pemikiran dunia dan praktek orang dunia.

2.Lalu bagaimana seorang Kristen harus hidup ditengah dunia yang dikuasai oleh nafsu ingin kaya? Apakah orang Kristen dalam hidupya dapat mendua, artinya disatu sisi ikut Tuhan dan pada sisi lain ikut dunia yang dikuasai perlombaan mengumpulkan kekayaan?? Banyak orang Kristen hidup dalam dua dunia. Hari minggu untuk Tuhan, sedangkan hari Senin sampai Sabtu hidup seperti orang dunia ikut berlomba mengumpulkan kekayaan dan dikuasai oleh filsafat dunia yang serakah dalam mengumpulkan kekayaan dengan anggapan bahwa kekayaan adalah sumber kebahagiaan.

3.Apa yang Tuhan Yesus katakana terhadap saudara saudara Kristen tadi? Tuhan Yesus bersabda di Matius 6:19- Janganlah kamu mengumpulkan harta dibumi…Mat 6:20- Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga….. Mat 6:21 Karena dimana hartamu berada,disitu juga hatimu berada. Mat 6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan….

4.Suatu penghiburan lain disampaikan oleh rasul Paulus bahwa kita sebagai pengikut yang mempercayai Kristus memiliki kekayaan lain.
Yohanes 1:12 mengatakan bahwa siapa yang percaya dan menerima Tuhan Yesus, telah diterima sebagai anak-anak Allah. Dan sebagai anak, kita mendapat bagian / warisan dari Bapa kita,
Paulus menyebut warisan tersebut, sebagai “segala berkat rohani di dalam sorga”, Efesus 1:3, 18, 2:6-7.

5.Dalam keluarga Allah, kita sebagai anak-anak Allah mendapat warisan (kekayaan) yang sama. Sebagai orang percaya, kita harus tahu (menyadari) betapa besar kekayaan yang kita dapatkan dari Allah yang adalah Bapa kita. Tentunya bukan kekayaan jasmani tetapi Paulus menyebutnya sebagai kekayaan rohani. Dan kita sebaiknya bukan hanya tahu…, tetapi dapat menggunakan kekayaan rohani tersebut dalam hidup kita.

6.Untuk itu maka Paulus menulis surat kepada jemaat Efesus, Paulus berdoa seperti dalamEfesus 1:18 :
” Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus”.
Efesus 1:3 : ” Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga “.

7. Apa sajakah kekayaan rohani orang percaya

7.1.Kita adalah orang pilihan Allah, kita adalah anak-anak Allah, ayat 4-5 Dan itu terjadi sudah sejak semula, sebelum dunia dijadikan…. Ini memperlihatkan kepada kita betapa berharganya kita dalam pemandangan Allah, Yesaya 43:4. Dimanakah anak yang ditelantarkan oleh ibu/bapanya? Walaupun ada orang tua yang melupakan anaknya dan itu sangat jarang terjadi… tetapi Tuhan tidak akan mentelantarkan kita. bnd. Yesaya 49:15-16. Tuhan bahkan telah melukiskan kita di telapak tanganNya, dan tembok-tembok kita tetap ada di ruang mataNya. Sebagai orang pilihan Allah, kekayaan kita adalah : (a) Jaminan keselamatan ( hidup yang kekal), Yohanes 10:28-29; (b) Penyertaan Tuhan dalam hidup, merasa aman di dalam tangan Tuhan; (c) Senantiasa dapat datang kepada Tuhan untuk mendapatkan pertolongan pada waktu yang tepat, Ibrani 4:15.

7.2.Kita beroleh penebusan, yaitu pegampunan dosa, ayat 7. Sebelum kita percaya kepada Tuhan Yesus, kita adalah hamba dosa. Kita terikat oleh dosa dan dosalah yang menguasai kita, Yohanes 8:34. Tetapi kemudian Kristus menebus kita dengan darahNya yang mahal, 1 Petrus 1:18-19. Dan Kolose 2:13 mengatakan bahwa Tuhan Yesus telah mengampuni segala dosa kita. Segala dosa berarti dosa kita pada masa lampau, sekarang dan yang akan datang… itu sudah diampuni oleh Tuhan Yesus, bnd 1 Yohanes 1:8-2:1. Kesadaran bahwa Kristus telah mengampuni segala dosa kita, akan memberi kekayaan lai lagi bagi kita, yaitu : (a) Kemerdekaan, perasaan bebas; (b) Rasa aman; (c) Kemenangan atas dosa.

7.3.Kita dimateraikan dengan Roh Kudus, ayat 13-14. Saat kita percaya kepada Tuhan Yesus kita dimaterankan oleh Roh Kudus yang menjadi jaminan bahwa keselamatan yang Tuhan janjikan kepada kita adalah sesuatu yang pasti akan menjadi milik kita. Roh Kudush juga memberikan kepada kita kekuatan dan kuasa dalam hidup dan pelayanan kita. Paulus menyebutnya sebgai “betapa hebatnya kuasa yang bekerja bagi kita yang percaya”, ayat 19 bnd 1 Yohanes 4:4 ” Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia”.

RENUNGAN
1,Apakah saudara sudah ada di dalam Kristus? Kalau belum inilah saatnya bagi saudara untuk mengambil keputusan menerima dan mengundang Dia masuk dalam hati dan hidup saudara.

2.Renungkanlah hidup kita hari ini. Apakah kita sudah mengimani, menyadari dan menikmati hidup dengan segala kekayaan rohani yang ada di dalam Kristus? Apakah kita masih merasa kuatir dengan segela keperluan sehari hari kita? Apakah kita merasa takut akan dosa kita yang tidak diampuni ?

3.Marilah kita menikmati kekayaan rohani yang telah Allah karuniakan kepada kita. Senantiasa bersyukur untuk pemeliharaan Allah untuk keperluan sehari hari, bersyukur untuk pengampunan dosa, bersyukur untuk hidup kekal, bersyukur untuk segala kekayaan rohani yang tidak dapat binasa.

Leave a Comment