KELAHIRAN KEMBALI

TEOLOGI SISTIMATIKA

TS 28-KELAHIRAN KEMBALI

 

1.Kita datang kedunia ini melalui proses kelahiran.Ibu kita mengandung dan pada waktunya kita dilahirkan kedunia sebagai bayi. Ini kita sebut sebagai kelahiran pertama secara jasmani.  Disamping kelahiran jasmani ada juga yang disebut kelahiran secara rohani atau disebut sebagai kelahiran kembali.

Dalam percakapannya dengan Nikodemus, Yesus menekankan pentingnya seseorang itu dilahirkan kembali untuk masuk ke dalam kerajaan surga. Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” (Yohanes 3:5).

 

2.Roh Kudus bekerja dan berkarya melahirkan kembali atau melahir barukan orang berdosa (semua manusia keturunan Adam dan Hawa adalah orang berdosa secara status dan perbuatan -Roma 3:23).Sebagai orang berdosa manusia berada dalam wilayah kerajaan dunia yang dikuasai dosa, kematian dan iblis. Roh Kudus melahirkan kembali orang yang percaya kepada Kristus untuk dapat masuk dalam kerajaan surga atau kerajaan Allah yaitu wilayah kekuasaan Allah yang berisi kehidupan yang dikuasai Allah dan dalam penggenapannya nanti kita akan berada dalam kemuliaan Allah, keberkatan Allah, tidak ada sakit  penyakit, tidak ada kematian yang akan digenapi pada masa yang akan datang.

 

3.BAgaimana Roh Kudus menjadikan manusia berdosa, warga kerajaan dunia, dilahirkan kembali menjadi manusia baru, warga kerajaan Allah? Roh Kudus bekerja melalui manusia, hamba Allah yang memberitakan injil. Menjelaskan hal ini kita akan mengerti dengan lebih baik kalau kita membaca Kisah Rasul 2 seluruhnya. Disana ada 3000 orang bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus. Sebelumnya mereka mendengar kotbah Rasul Petrus dan sebelumnya Roh Kudus dicurahkan keatas para rasul. Itu dikenal sebagai peristiwa Pentakosta (pencurahan Roh Kudus). Secara terperinci kisah itu adalah sbb.:

3.1. Roh turun ke atas rasul-rasul, menggenapi janji yang dibuat dalam Yohanes 16:7-15; (3.2.) Rasul-rasul, penuh dengan Roh Kudus, memberitakan Injil kepada orang-orang dan melalui Injil Roh meyakinkan orang banyak akan dosa, kebenaran dan penghakiman; (3.3.) Khotbah itu bekerja dalam pikiran pendengarnya, merubah keyakinan dan perasaan mereka, dan membawa mereka kepada iman dalam Yesus sebagai Tuhan dan Kristus; (3.4) Lalu mereka diajar untuk bertobat dan berbaptis dalam nama Yesus Kristus untuk keampunan dosa; (3.5) Seberapa banyak yang dihidupkan oleh Roh Kudus melalui kata-kata rasul-rasul telah dibaptiskan (lahir dari air dan Roh) – mereka diterima ke dalam kerajaan Allah.

 

4.Berarti; (4.1) Roh Kudus adalah agen; (4.2) Injil adalah instrumen (alat) yang digunakan oleh Roh; (4.3) Injil diberitakan oleh manusia; (4.4) Firman Allah diterima oleh orang berdosa. Ke-empat fakta ini selalu ditekankan bekerja bersama di dalam pekerjaan kelahiran kembali (regenerasi), tidak seorangpun dilahirkan kembali di dalam ketidak-percayaan. Tidak ada contoh dalam Alkitab seorangpun yang lahir baru sampai dia sendiri dengan rendah hati menyerahkan diri kepada kehendak Allah. Ketika seseorang mendengar, percaya dan menuruti Injil (pedang yang diberikan oleh Roh) mereka dilahirkan dari atas – lahir kembali oleh Roh Kudus. Maka, ketika seseorang yang percaya bertobat, dibaptiskan dengan air menuruti perintah rasul-rasul, mereka bertindak di bawah pimpinan, bimbingan dan pengaruh Roh Kudus.

 

5.Bagi mereka yang sudah lahir kembali,kiranya kita mengucapkan syukur untuk pekerjaan Roh Kudus dan para pemberita injil (pendeta atau hamba Tuhan lainnya). Kita lahir kembali bukan karena kita orang baik tetapi kita mendapat kasih anugerah Allah yang telah memanggil dan memproses kita menjadi manusia baru melalui kelahiran kembali.  Selanjutnya biarlah kita yang telah lahir kembali menjalani hidup sebagai manusia  baru . (Roma 12:1,2).

Bagi anda anda yang masih dalam status lama, sebagai orang orang berdosa, hidup sebagai warga dunia dibawah kuasa dosa, kematian dan iblis menuju kepada penghukuman kekal, Roh Kudus juga memanggil anda melalui pemberitaan firman ini agar anda dilahirkan kembali menjadi manusia baru, warga kerajaan Allah, mendapatkan hidup kekal dan menjalani hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus melalui firman Tuhan sebagaimana yang dapat kita baca dalam Alkitab.

 

SUMBER:

https://kebenaranbagidunia.org/roh-kudus-dan-kelahiran-baru

Leave a Comment