KESELAMATAN MELALUI NAMA YESUS

A C T S

KESELAMATAN MELALUI NAMA YESUS
Kisah Rasul 4:15-Dan keselamatan tidak ada dalam siapapun juga selain didalam Dia, sebab dibawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

1.Keselamatan dapat berarti pembebasan dari apa saja: mulai dari penyakit sampai dosa, dan penindasan politik sampai pengadilan Tuhan. Orang lumpuh dalam Kisah Para Rasul 3-4 diselamatkan melalui kesembuhan, sedangkan nabi Zakharia berbicara tentang keselamatan sehubungan dengan pembebasan dari musuh bangsa Israel (Lukas 1 :71). Kisah Para Rasul 27:31 menyebut kelepasan dari badai laut sebagai keselamatan.

2.Tetapi masalah yang lebih lanjut adalah terlepas dari pengadilan Tuhan (Kisah Para Rasul 2:21 -Dan barangsiapa berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan). Dengan demikian, meskipun penulis kitab tersebut tentu saja mengetahui beberapa arti keselamatan (rnisalnya, kesembuhan jasmani terjadi melalui Yesus), yang ditekankan pada bacaan ini adalah apa yang diyakininya memiliki arti yang paling penting. Dan hal tersebut adalah keselamatan dalam pengertian yang sepenuhnya: terlepas dari pengadilan Tuhan dan memperoleh berkat-sorga. Keselamatan semacam ini, menurut penulis, hanya dapat terjadi melalui Yesus Kristus. SEmua orang termasuk para pemimpin agama Yahudi membutuhkan sebuah “nama,” yaitu nama Yesus.

3.Mengapa nama itu berkuasa?
3.1. Tuhan Yesus ikut menciptakan langit dan bumi
3.2. Tidak ada nama lain di atas langit maupun di bawah bumi, berkuasa di Sorga dan di bumi.
3.3. Hakim yang agung
3.4. Yesus yang bangkit dan hidup selamanya
3.5. PengakuanNya: Jalan dan Kebenaran dan Hidup
3.6.. Dipuji Allah, “Anak yang Ku kasihi kepadaNya aku berkenan.”
3.8. NamaNya ajaib.

3.9.”Setiap orang yang menyerukan nama Penguasa akan dilepaskan.” bahwa Yesus dari Nazaretlah yang benar-benar telah dijadikan Allah sebagai “Tuhan dan Kristus” (Kis.Ras.4: 36) dan karena itu setiap permohonan akan keselamatan harus ditujukan kepada-Nya.

4.Banyak jalan menuju Roma, adalah sebuah filosofi yang dipercaya hampir semua orang di dunia berkaitan dengan Allah. untuk masuk ke sorga bisa banyak cara yang di tempuh, tidak hanya dengan satu cara. Jadi orang bisa memilih agama apa saja atau kepercayaan apa saja pasti dapt masuk sorga. Konsep ini, banyak menjebak manusia untuk bisa masuk sorga. Sebab konsep ini adalah sebuah teori manusia, sebagai usaha untuk menemukan Allah, padahal belum tentu itu benar. Sebab yang memiliki sorga adalah Allah bukan manusia, maka Allah sendiri yang akan menentukan jalan apa yang harus dilakukan manusia agar bisa masuk sorga, jadi bukan menurut pikiran manusia.
Yesus adalah Allah, jadi Dia juga pemilik sorga. Yesus berkata hanya lewat Dirinya maka manusia bisa sampai ke sorga, tidak dengan cara yang lain. Maka, bagi kita manusia yang mau masuk sorga harus percaya dan beriman seperti yang Yesus katakan, sebab hanya itu satu-satunya cara untuk bisa masuk sorga.

5.Keselamatan adalah sebuah hal penting yang harus di cari manusia. Manusia membutuhkan keselamatan dalam hidupnya sebab status manusia dihadapan Allah sudah rusak dan berdosa. Tanpa penyelesaian manusia akan masuk dalam penghukuman kekal dari Allah. Celakanya lagi banyak orang tidak tahu jalan mana yang harus dipilih untuk menuju keselamatan.(bebas dari penghukuman Allah dan masuk sorga). Dan sebagian besar manusia memilih jalan keselamatan dengan cara yang salah dan tidak menemukan jalan yang benar. Yang benar ialah Yesus, satu-satunya jalan menuju keselamatan, hanya Dia jalan menuju pada sorga. Sebab Yesus adalah Allah yang empunya Kerajaan Sorga, tinggal manusia memutuskan untuk percaya kepada Yesus maka manusia akan di selamatkan.

Leave a Comment