KISAH PERCINTAAN

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 5 -PRO DAN KONTRA

 

FASAL 1-4 – Kisah cinta Aloysha dan Paparan Teologis Ivan

1.Ketika Alyosha kembali untuk melihat Katerina, dia menemukan bahwa dia telah jatuh sakit. Alyosha menjelaskan kepada Lise apa yang terjadi dengan kapten karena Katerina sedang tidur. Lise mulai tertarik kepada  Alyosha , dan dia  mengaku kepada Alyosha bahwa surat yang pernah dikirimnya itu bukan lelucon dan bahwa dia sungguh-sungguh dengan apa yang ditulisnya . Alyosha juga mengaku bahwa ia masih  menyimpan  di dekat hatinya karena itu sangat berarti baginya. Mereka menyadari bahwa mereka saling mencintai , dan mereka memutuskan untuk menikah.

Ibu Lise telah mendengarkan percakapan mereka, dan dia mengatakan kepada Alyosha bahwa dia tidak menyetujui pernikahan itu. Dia pikir Lise terlalu muda. Alyosha mengatakan kepadanya bahwa pernikahan masih jauh, jadi dia tidak perlu khawatir tentang usia Lise.

2.Alyosha pergi mencari Dmitri. Dia memutuskan bahwa lebih penting untuk membantu saudaranya daripada bergegas kembali ke sisi Pastor Zossima. Sebaliknya, dia menemukan Smerdyakov, dan dia bertanya apakah dia telah melihat Dmitri. Smerdyakov memberi tahu Alyosha bahwa Ivan akan bertemu Dmitri di sebuah restoran, jadi Alyosha pergi menemui dua saudara lelakinya di sana.

3.Aloysha  tidak dapat menemukan Dmitri — hanya Ivan yang ada di sana. Ivan mengatakan dia telah mulai  menyukai dan menghormati Alyosha. Ivan mengatakan kepada Alyosha bahwa dia memiliki keinginan untuk hidup, tetapi dunia tampaknya menjadi tempat yang tidak adil dan jelek. Namun Alyosha terlalu sibuk  pikiran dan hatinya memikirkan ayahnya Fyodor dan Dmitri, sehingga dia tidak fokus dengan percakapan ini. Dia khawatir sesuatu yang mengerikan akan terjadi di antara mereka berdua jika Ivan pergi ke Moskow. Ivan menjawab bahwa itu bukan tanggung jawabnya untuk memperhatikan  saudara lelakinya atau ayahnya yang cabul. Dia mengatakan kepada Alyosha bahwa dia benci berada di dekat ayahnya; Inilah sebabnya dia datang ke restoran.

4.Ivan memaparkan  pendapat teologisnya  kepada Alyosha. Dia mengatakan apa yang dia “tidak terima dan tidak bisa terima adalah dunia yang diciptakan Tuhan.” Dia percaya bahwa misteri Tuhan tidak masuk akal baginya; manusia harus dapat memahami Tuhan jika dia adalah ciptaan Tuhan sendiri. Ivan merenungkan bahwa ini berarti ia harus menolak Allah. Alyosha bertanya-tanya mengapa Ivan tidak bisa menerima dunia. Ivan menambahkan bahwa dia “tidak pernah bisa memahami bagaimana mungkin untuk mencintai sesama.” Dia tidak tahan dengan kebiadaban yang tampaknya melekat pada manusia. Dia paling tidak dapat menerima adanya  penderitaan anak-anak. Dia mengatakan bahwa satu-satunya rasionalisasi untuk penderitaan anak-anak adalah bahwa mereka “membayar dosa-dosa ayah mereka yang memakan buah terlarang.” Dia tidak dapat menerima Tuhan yang membiarkan  ketidakadilan semacam ini. Dia merasa bahwa mengasihi Tuhan itu seperti mengasihi orang yang menyiksamu. Alyosha terkejut dengan semua ini, dan dia bertanya bagaimana Ivan bisa begitu pesimis tentang dunia. Ivan menjawab bahwa dia tidak pesimis; dia sama sekali tidak berpikir bahwa ada sesuatu yang sepadan dengan penderitaan orang yang tidak bersalah seperti anak kecil. Dia bertanya kepada Alyosha apakah dia akan “menyiksa satu makhluk saja” jika, dengan melakukan itu, dia dapat membangun kedamaian dan ketenangan bagi seluruh umat manusia. Alyosha mengatakan dia tidak akan melakukannya.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-5

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN:

1.Kisah percintaan Aloysha dengan Lise. Aloysha menyatakan kepada ibu Lise bahwa ia tidak terburu buru untuk menikah,  Teladan yang baik untuk muda mudi untuk memperhatikan nasehat orang tua mengenai pernikahan mereka.

2..Ivan dan Aloysha dua bersaudara yang makin akrab dan terlibat percakapan yang hangat. Demikian seharusnya hidup diantara saudara bersaudara Kristen. Bagaimana hubungan anda dengan kakak atau adik anda?

3.Apa yang menjadi beban teologis Ivan terhadap Allah sang pencipta dunia? Diskusi teologis akan dilanjutkan dalam fasal fasal berikutnya.

 

 

Leave a Comment