KOYLA

KARAMAZOV BERSAUDARA ( THE KRAMAZOV BROTHERS )

BUKU 10: ANAK ANAK SEKOLAH

 

01.KOYLA

1.Pengarang meninggalkan Dmitri yang ditangkap polisi dengan tuduhan membunuh ayahnya pada fasal yang lalu.  Sekarang sorotan diarahkan kepada anak anak, generasi masa depan penerus bangsa. Anak yang diperkenalkan ialah Kolya Krassotkin dan Ilusha teman Koyla,  Koyla disekolah sering diejek menjadi “anak mami”, anak ibu karena ibunya banyak membantu pekerjaan rumah sekolah, dan sangat aktiv menemui teman teman Kolya dengan memperkenalkan diri sebagai ibunya Koyla. Walaupun ia disering diejek, dia tahan banting, tidak terpengaruh oleh semua ejekan tadi

2.Alih-alih bermain dengan teman-teman sekolahnya, Koyla gemar membaca. Ibunya kadang-kadang menuduhnya sangat dingin terhadapnya karena dia membenci “hal yang menjijikkan yang memuakkan”. Namun, dia sangat mencintai ibunya. Dia juga memiliki sifat nakal, mendorong ibunya dan atasannya di sekolah — tetapi dia biasanya berhenti sebelum dia mendapat hukuman nyata.

3.Pada suatu hari, ia memutuskan untuk berbaring ketika kereta sedang melaju mendekat tidak lain  untuk membuktikan keberaniannya dan pamer keberaniaan kepada anak-anak lelaki lainnya. Ini memberinya penghormatan kepadanya, dan mereka mulai memanggilnya “nekad.” Aksi ini sangat mengganggu ibunya. Dia memohon padanya untuk tidak melakukan hal seperti itu lagi, dan mereka berdua menjadi diliputi oleh emosi.  Setelah episode ini, Kolya kembali menjadi cemberut dan menyendiri dengan ibunya. Suatu hari, Ilusha menusuk Kolya dengan pisau pena karena Kolya sedang menggodanya, dan persahabatan mereka menjadi renggang.

4.Ilusha jatuh sakit. Sehari sebelum persidangan Dmitri, Kolya pergi mengunjungi Ilusha di rumah sakit. Dia melihat seorang teman bernama Smurov, dan keduanya berbicara tentang kondisi Ilusha. Smurov memberi tahu Kolya bahwa teman-teman sekelasnya telah mengunjungi Ilusha di rumah sakit setiap hari dan sepertinya Ilusha tidak akan hidup lebih lama lagi. Dia mengatakan bahwa Alyosha telah menghabiskan waktu di rumah sakit meskipun saudaranya (yaitu Dmitri)  akan diadili. Smurov mengatakan bahwa dia berharap anjing Kolya Perezvon adalah anjing lain bernama Zhuchka. Ini akan membuat Ilusha bahagia.

5.Kolya menunjukkan kecerdasannya: ia mulai mengkritik dokter, ia mengatakan ada lebih banyak kebodohan di antara pria daripada di antara anjing, dan ia berkomentar tentang kecenderungan manusia untuk membentuk kebiasaan. Dia memberi tahu Smurov, “orang harus tahu cara berbicara dengan orang yang tidak berpendidikan.” Anak-anak itu berjalan menuju rumah sakit, ketika mereka sampai di rumah sakit, Kolya mengatakan dia ingin menunggu di luar untuk bertemu Alyosha. Smurov berpikir ini ide yang konyol; dia mengatakan pada Kolya bahwa dia harus masuk dan bertemu Alyosha di dalam. Kolya memberi tahu Smurov bahwa dia memiliki alasan sendiri untuk bertemu Alyosha dalam cuaca yang sangat tidak nyaman; dia menyeringai, Smurov masuk ke dalam, dan Kolya menunggu di luar untuk Alyosha.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-10

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN:

1.Ibu Koyla yang terlalu “sayang”anak sehingga terlalu akitf membantu anaknya dalam pekerjaan sekolah dan juga menemui teman teman Koyla.  Ibu yang terlalu menyayang anak akan merusak anak itu sendiri dikemudian hari. Lakukan tugas sebagai ibu dengan baik tanpa berlebihan.Disini perlu kebijaksanaan dan tuntunan Tuhan.

2.Koyla anak yang agak istimewa, senang menyendiri, membaca buku, agak nakal suka mengganggu teman temannya, nekad dengan tidur direl kereta api mau cari popularitas dan pandai dalam mengritik orang lain. Disini juga diperlukan kesabaran, cinta kasih dan kebijaksanaan Tuhan dalam mendidik anak anak istimewa seperti ini dan juga anak anak lain yang dipercayakan Tuhan dalam kehidupan kita.

Leave a Comment