MASA MUDA ZOSSIMA

KARAMAZOV BERSAUDARA (KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 6- PASTOR  ZOSSIMA

 

FS 2-MASA MUDA  ZOSSIMA

1.Pastor Zossima kemudian berbicara tentang kehidupannya sebagai pemuda yang bandel .Dia mengatakan tentang masa mudanya, “kemabukan, pesta pora, dan perkelahian hampir merupakan hal yang membanggakan.” Ketika dia lulus dari sekolah militer, dia hidup dengan cara agak liar.  Dia menghabiskan uang “dengan kecerobohan total dan menikmati masa mudanya.” Pada suatu hari dia  sangat terpikat kepada seorang gadis, tetapi dia tidak mu menikahinya karena dia bebas  bersenang-senang sebagai bujangan.

2.Kemudian, setelah dia pergi selama beberapa bulan, dia mengetahui bahwa gadis itu telah menikah dengan pria lain. Zossima yang berdarah panas marah”. Dia memutuskan untuk menantang suami barunya untuk berduel. Namun, pagi hari duel, Zossima teringat kembali akan nasehat saudara tuanya sebelum meninggal.  . ia menyadari bahwa sifat karakter yang mudah  panas tidak konsisten dengan pesan cinta yang telah dipraktekkan kakaknya.

3.Dia pergi ke lokasi duel, dihidupkan kembali oleh pandangan barunya tentang kehidupan. Dia membiarkan pria lain menembak, dengan berani dia menghadapi lawannya, menatapnya “dengan cinta.” Pria yang lain menembak, tetapi peluru itu hanya menyerempet Zossima, lalu Zossima  melemparkan pistolnya dan kemudian  meminta maaf kepada pria itu. Setelah duel, ia memutuskan untuk pensiun dari dinas militer dan pergi ke biara.

4.Ketika dia memberi tahu rekan-rekannya tentang pengunduran dirinya, mereka menggodanya, tetapi mereka tidak mencelanya. Bahkan, mereka mengagumi keberaniannya dan menyukai kejujurannya. Dia berbicara tentang duel dengan orang-orang dari sekitar komunitas, dan dia menjadi sangat terkenal karena duelnya. 5.Berita tentang tindakan Zossima banyak orang yang tahu, dan suatu malam Zossima menerima pengunjung. Pria itu adalah seorang dermawan terkenal yang dihormati di seluruh kota. Pria itu berkata bahwa dia telah mendengar kisah Zossima dan terkesan sekali. Dia bertanya tentang apa yang mendorong perubahan hati Zossima, dan Zossima memberitahunya rahasia perubahan dalam hidupnya. Keduanya terus berbicara, dan mereka bertemu dan berbicara selama bermalam-malam.

6.Setelah banyak pertemuan ini, pria itu mengatakan kepada Zossima bahwa dia telah membunuh seseorang tetapi pria lain disalahkan atas kejahatan tersebut. Meskipun pria itu meninggal sebelum persidangannya, pengunjung Zossima selalu merasa perlu untuk mengaku, meskipun menjadi warga negara yang baik dan anggota penting dari komunitasnya. Suatu hari, diliputi oleh rasa bersalah, ia mengakui kejahatannya di tempat terbuka, tetapi mereka tidak bisa percaya bahwa orang yang baik seperti itu mampu melakukan tindakan mengerikan seperti itu.

7.Pengunjung Zossima menjadi sakit setelah banyak berbicara dengan Zossima, bisa dibilang karena ia merasa sangat bersalah. Pastor Zossima mengunjunginya, dan dia tidak pernah memberi tahu siapa pun tentang kejahatan pria itu. Sebelum pria itu meninggal, dia memberi tahu Pastor Zossima bahwa dia telah berdamai  dengand irinya dan dengan dunia  sekitarnya  dan ini pengalaman  pertama kalinya dalam hidupnya.

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-6

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

Seperti Pastor Zossima dan tamunya mempunyai masa lalu dengan dosa yang kelam , demikian pula dengan kita sekalian.  Kalau kita malu mengaku dihadapan orang banyak dan orang banyakpun belum tentu mempercayainya, baiklah kita datang kehadapan Tuhan Yesus untuk mengaku dosa, meminta ampun, minta penyucian oleh darah Yesus, mohon pencurhan Roh Kudus untuk menjalani hidup yang baru. Bebas dari kejaran kesalahan masa lalu, dan mempunyai masa depan yang indah didalam Kristus.

 

 

Leave a Comment