MATIAS ATAU PAULUS SEBAGAI BAGIAN DARI KE 12 RASUL?

A C T S
MATIAS ATAU PAULUS SEBAGAI BAGIAN DARI KE 12 RASUL?

ANTI PAULUS
1.Paulus, sang Perusak Ajaran Asli Yesus Kristus
http://www.lampuislam.org/2013/08/paulus-sang-perusak-ajaran-asli-yesus.html

2.Paulus Rasul Palsu? Mohon tanggapan atas tuduhan ini.
http://www.sarapanpagi.org/paulus-rasul-palsu-mohon-tanggapan-atas-tuduhan-ini-vt2514.html

PRO PAULUS DARI PADA MATIAS

1.IMAN YANG PERNAH INGIN IA BINASAKAN
(THE FAITH HE ONCE DESTROYED)

Oleh Dr. W. A. Criswell . Diadaptasi Dr. Eddy Peter Purwanto

http://www.wacriswell-indo.org/iman%20yang%20pernah%20ingin%20ia%20binasakan.htm
Saya sering memikirkan tentang pemilihan Matias untuk menempati jabatan rasul menggantikan Yudas Iskariot yang dapat kita baca dalam Kisah Rasul pasal pertama. Ini terjadi sebelum hari Pentakosta, dan sebelas rasul yang lain beserta saudara-saudara di Yerusalem berkumpul, dan mereka memilih seseorang untuk menggantikan Yudas Iskariot yang telah mati bunuh diri. Dan kemudian mereka memilih Matias. Namun orang-oranglah atau manusia yang melakukan itu. Daging dan darah yang melakukan itu. Saya sering berpikir bahwa orang yang Allah pilih untuk menggantikan posisi Yudas yang telah bunuh diri itu tiada lain adalah Saulus dari Tarsus. Manusia memilih Matias, namun Allah yang ada di sorga memilih Paulus

2.http://forumimankristen.com/index.php?topic=483.50;wap2
Kalau begitu saya berikan contoh bahwa apa yang “diijinkan” Tuhan, belum tentu “kehendak” (inisiatif) Tuhan:

– Ketika Samson merobohkan tiang kuil orang Filistin sehingga banyak yang terbunuh, termasuk Samson sendiri. Samsonlah yang memiliki inisiatif dan memohon kekuatan dari Tuhan. Tuhan mengijinkan.
– Ketika Yefta bernadar untuk mengorbankan anak perempuannya jika diberi kemenangan. Tuhan tidak menyuruh, tetapi toh Tuhan mengijinkan sehingga tetap memberinya kemenangan.

Kalau soal iman, tentu saja bahwa Roh Kudus menginspirasi penulisan Kitab Suci saja, memang hanya bisa kita imani kan? Karena faktanya bagaimana yang namanya proses ketika Roh Kudus menginspirasi, kita tidak pernah tahu. :grining:

Tetapi sekali lagi jangan salah sangka, saya meyakini bahwa ketika Matias terpilih sebagai pengganti Judas, Tuhan juga memberkati pilihan tersebut. Hanya ketika pertanyaan diajukan mengenai rasul ke12, saya akan tetap condong memilih Paulus (yang dipilih langsung oleh Tuhan), daripada Matias (yang dipilih berdasarkan inisiatif para Rasul, dan melalui proses undian – karena ada juga kandidat lain). :grining:

3. Beberapa ahli Alkitab memandang Matias sebagai anggota “tidak resmi” dari kedua belas rasul dan menyakini bahwa Rasul Paulus yang menjadi pilihan Allah untuk menggantikan Yudas Iskariot sebagai rasul kedua belas
http://www.gotquestions.org/Indonesia/dua-belas-murid-rasul.html

4.http://forumkristen.com/index.php?topic=36186.0
Why 21:14
Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

siapa aja nama 12 rasul pada batu dasar? bagaimana dengan Paulus yang juga dianggap sbg rasul bagi orang2 bukan Yahudi?

menurut saya sih Paulus masuk sedangkan Matias (rasul pengganti yang dipilih melalui undian tidak masuk)

TIDAK PRO DAN TIDAK KONTRA
1.PAUL OR MATTHIAS?
http://believer.com/teaching/division/matthias.htm

Paulus adalah rasul untuk orang kafir sedangkan Matias bersama kesebelas rasul lainnya adalah rasul untuk bangsa Israel.

2.http://www.apostasynow.com/articles/apostles.html
Now that we’ve concluded that Matthias is Judas’ replacement, another question arises: If Paul is not Judas’ replacement, and Rev 21:14 refers to only TWELVE “apostles of the Lamb”, then what is Paul? I conclude that the term “the twelve apostles of the Lamb” is an honorary title given by Jesus to refer to those twelve who “continued with him in his temptations” upon whom he will adorn the greatest honor in His Kingdom, and “those twelve” are THE TWELVE as understood by Luke, and all the other New Testament writers, as argued above. And therefore, it logically follows that Paul was simply an apostle in the continuation of the office (along with James the Lord’s Brother, Gal 1:19, and Barnabas, Acts 14:14), see Eph 4:11.

3.Pemecahan masalah oleh golongan ini: Matias masuk kelompok 12 rasul sedangkan Paulus masuk golongan khusus yaitu rasul untuk orang kafir.

Leave a Comment