MENDAPAT WEJANGAN

KARAMAZOV BERSAUDARA (KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 6- PASTOR  ZOSSIMA

 

 

FS 1- PARA PELAWAT PASTOR MENDAPAT WEJANGAN

1.Pastor Zossima sedang sekarat, namun ia masih berbicara dengan mereka yang berkumpul di sekitarnya. Alyosha kembali ke biara setelah kunjungannya yang lain, dan dia pergi ke sisi Pastor Zossima. Pastor Zossima senang melihatnya, dan dia menjelaskan kepada Alyosha arti tindakannya  kepada Dmitri dalam pertemuan mereka yang lalu.

2.Dia mengatakan bahwa dia membungkuk kepada Dmitri karena dia menubuatkan kemalangan besar untuknya. Dia mendesak Alyosha untuk kembali kepada saudara-saudaranya dan membantu mereka, karena membantu mereka dalam  kesulitan mereka akan menunjukkan kepada Alyosha bagaimana cara merangkul semua umat manusia dan menunjukkan kepada mereka yang menderita bagaimana cara menghargai kehidupan.

3.Pastor Zossima kemudian mulai berbicara tentang kakak laki-lakinya. Dia kemudian memberi tahu Alyosha bahwa dia mengingatkannya pada saudaranya yang tersayang, yang merupakan bagian dari alasan mengapa Zossima menyukai Alyosha.

Kakak Pastor Zossima, yang sekitar delapan tahun lebih tua darinya, dan ia bergaul dengan kaum  intelektual dengan ide-ide liberal. Dia tidak setuju dengan keyakinan agama ibunya, dan ini membuat sedih ibunya.

4.Suatu hari, dia jatuh sakit karena TBC, dan para dokter mengatakan kepadanya bahwa dia hanya memiliki waktu beberapa bulan untuk hidup. Dia mulai bertindak sangat penuh kasih. Dia menjadi sangat tertarik pada setiap makhluk hidup di sekitarnya. Dia terus-menerus berbicara tentang perlunya mencintai semua alam dan kemanusiaan. Dia memiliki pengaruh besar pada orang-orang di sekitarnya pada hari-hari terakhirnya, dan adik lelakinya tidak pernah melupakan pelajaran yang dia pelajari dari ajarannya. Pastor Zossima menyebut almarhum saudaranya  sebagai “pesan dari surga.”

5.Pastor Zossima berhenti sejenak untuk memberi tahu orang-orang di sekitarnya betapa besar pengaruh Alkitab terhadap dirinya . Itu menangkap imajinasinya sebagai anak muda, dan Alkitab tidak pernah kehilangan daya tariknya. Dia berharap bahwa semua orang dapat menemukan makna yang dia temukan dalam Alkitab.  Dia berkata, “itu seperti model dunia yang terpahat, umat manusia, dan karakter manusia; semuanya ada di sana dan itu berisi panduan bagi kita untuk segala usia. Berapa banyak misteri yang terpecahkan di dalamnya, berapa banyak yang terungkap! ”

 

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-6

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Hidup Pastor Zossima patut menjadi teladan, hal penggunaan waktu sampai saat saat terakhir , ia  masih memperhatikan orang lain, beri kesaksian yang mengkuatkan dan menonjolkan pentingnya  Alkitab. Bailah pada masa sehat maupun sakit kita terus menjadi saksi Kristus yang setia.

2.Hidup Aloysha dalam pergumulan batin, antara ingin jadi biarawan dan tinggal dibiara yang penuh dengan Susana damai dan tentram, diperhadapkan dengan nasihat dari Pastor Zossima untuk kembali kedunia untuk memperhatikan kakak kakaknya, ayahnya dan umat manusia pada umumnya.

Apakah yang menjadi pergumulan batin anda saat saat ini?

Leave a Comment