MENJADI KORBAN DAN SIAP BERKORBAN

MENJADI KORBAN DAN SIAP BERKORBAN.

KEJADIAN 44:1-34

 PENDAHULUAN

Tayangan film pendek seorang pencuri yang tertangkap.

MENJADI KORBAN

Belum jauh meninggalkan Mesir, sdr sdr Yusuf  dikejar oleh para petugas keamanan penguasa Mesir dengan tuduhan telah mencuri piala Yusuf.

Dari bacaan kita mengerti bahwa mereka telah menjadi korban. Mereka tidak mengerti, mereka berada dalam kegelapan situasi.

 DEMI SEBUAH TUJUAN.

Kalau kita teliti ternyata disini Yusuflah yang merancang peristiwa ini. Sesuai perintahnya piala dimasukkan kedalam karung Benyamin, sesusai perintahnya pula petugas keamanan menangkap sdr sdr Yusuf dengan membawa tuduhan pencurian tadi. Maksudnya adalah untuk menjadikan Benyamin sandera dan tetap tinggal di Mesir.

 SIAP BERKORBAN

1.Ketika piala Yusuf didapatkan dalam karung Benyamin, para sdr sdr Yusuf melihat sebagai kesusahan bersama  dan siap kembali ke Mesir bersama.

Ikatan persaudaraan mereka sekarang sangat erat, semua siap berkorban  Dulu mereka demi kebencian rela mengorbankan adik mereka Yusuf, kini mereka semua siap berkorban demi adik bungsu mereka Banyamin.

 PENUTUP

Ada kontras yang tajam dalam kisah ini. Yusuf siap mengorbankan orang lain demi  Benyamin ,  sedangkan sdr sdr Yusuf siap berkorban  pula demi Benyamin.

Leave a Comment