MERASA BERSALAH

KARAMAZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 11 :  IVAN

 

  1. Merasa Bersalah

1.Beberapa bulan setelah penangkapan Dmitri, Grushenka sedang mengalami metamorfosis surgawi. Dia mengatakan kepada Alyosha bahwa Dmitri menjadi kepincut dengan Katerina lagi. Dia juga berpikir bahwa Ivan dan Dmitri telah berbicara. Dia berpikir kedua bersaudara itu membuat rencana bahwa mereka merahasiakannya. Dia bertanya apakah Alyosha dapat mengetahui apa rencana rahasia ini, dan Alyosha, temannya, setuju.

2.Alyosha mengunjungi Lise, yang gelisah dan merasa bersalah tentang hidupnya. Dia rindu mengalami pembalasan Allah atas kejahatannya dalam hidup. Dia tidak menghormati sesama manusia atau dunia di sekitarnya, dan dia merasakan dorongan yang sangat untuk merusak semua orang dan segalanya. Saat Alyosha pergi, dia membanting pintu di tangannya dengan menunjukkan kebencian pada dirinya sendiri.

3.Alyosha mengunjungi Dmitri di penjara. Dmitri memberi tahu Alyosha bahwa Rakitin ingin menulis sebuah paparan tentang Dmitri yang menjadi korban keadaan yang menyebabkan pembunuhan ayahnya yang tak terelakkan. Meskipun Dmitri tidak membunuh ayahnya, dia merasa bersalah atas gaya hidupnya yang sembrono dan, seperti Lise, merasakan keinginan untuk dihukum karena tindakan tidak bermoralnya. Dia percaya bahwa dia akan memiliki kesempatan hidup baru jika hanya Grushenka yang bisa ikut bersamanya selama pengasingannya di Siberia. Tetapi dia takut negara tidak akan membiarkan Grushenka mengikutinya, dan tanpa dia, dia tidak tahu apa yang akan dia lakukan.

4.Dmitri memberi tahu Alyosha bahwa Ivan telah mengunjunginya dan memberitahunya rencana yang telah dibuatnya untuk melarikan diri Dmitri. Ini adalah rahasia yang dicurigai Grushenka. Dmitri bertanya kepada Alyosha apakah menurutnya Dmitri bersalah, dan Alyosha menjawab bahwa ia selalu percaya pada kepolosan saudaranya. Dmitri sangat menghargai dukungan saudara lelakinya.

5.Alyosha selanjutnya mengunjungi Katerina, yang baru saja dikunjungi oleh Ivan. Katerina mengatakan kepada Alyosha bahwa dia takut bahwa Ivan akan menjadi gila. Ivan merasa bertanggung jawab atas kematian ayahnya, dan itu menyiksanya. Alyosha menyusul Ivan untuk berbicara dengannya. Dia bertanya kepada saudaranya apa yang mengganggunya, dan Ivan mengatakan kepada Alyosha bahwa Katerina memiliki bukti yang mengutuk Dmitri.. Karena dia yakin Dmitri tidak bersalah, dia tidak bisa percaya bahwa Katerina dapat memiliki bukti yang membuktikan bahwa orang yang tidak bersalah bersalah.

6.Alyosha juga menyadari bahwa Ivan merasa bersalah atas kematian ayah mereka. Dia memberi tahu Ivan bahwa Tuhan telah memberinya tugas untuk menghiburnya. Dia memberi tahu Ivan bahwa dia tidak bertanggung jawab atas pembunuhan itu , dia dapat mengatakan itu berdasarkan  pengetahuan ilahi. Namun, Ivan tidak berpikir bahwa penghiburan  ini didasarkan pada logika. Ivan muak dengan pembicaraan Alyosha tentang Tuhan dan pengampunan.

  1. Dia menanyakan Alyosha pertanyaan tentang hari dimana Dmitri berkonrontasi dengan ayah mereka. Dia bertanya apakah Alyosha bahwa ada kecenderungan Dmitri akan membunuh ayahnya, bahwa “satu binatang akan melahap yang lain?” Alyosha mengakui bahwa dia pikir saudaranya memikirkan hal ini. Ivan mengucapkan terima kasih dengan getir dan pergi.

 

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

ps://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-11

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Dengan asalasan yang berbeda Alyosha, Lise, Dmitri  merasa bersalah. Rasa bersalah ini menyiska diri mereka masing masing.

2.Bagaimana mengatasi rasa bersalah kalau itu terjadi dalam diri kita? Rasa bersalah itu benar benar karena kesalahan atau Cuma merasa salah saja?  Yang jelas kita tidak perlu cepat cepat mengunjungi psokolog atau psikiater,kita mempunyai Tuhann YEsus, kepadaNya kita datang mengaku segala dosa dan salah kita, kemudian cari FirmanNya yang menyunggguhkan pengampuan dan pembebasan dari semua kesalahan kita.  ( I Yoh.1:9)

Leave a Comment