Miskin di Hadapan Allah

SERMON ON THE MOUNTMiskin di Hadapan Allah
Berbahagialah orang yang miskin dihadapan Allah, karena merekalah yang empunya kerajaan sorga (Matius 5:3).

Kerajaan Sorga
Kerajaan (basileia) menunjuk pemerintahan Allah, sedangkan sorga (ouranoon) menunjuk wilayah dimana Allah memerintah. Ini berlaku didunia dimana Allah memerintah dan di sorga
Matius memakai istilah Kerajaan Sorga dan bukan Kerajaan Allah. Keduanya sama, Cuma saja karena Matius mengalamatkan injil kepada orang Yahudi Kristen maka isitlah Allah yang terlalu suci untuk disebut sebut diganti dengan istilah Sorga. Mereka yang dapat masuk dan memiliki kerajaan sorga ialah mereka yang miskin dihadapan Allah.

Pengertian Kata Miskin
Kalimat: “Berbahagialah orang yang miskin dihadapan Tuhan”, dalam teks aslinya berbunyi: “makarioi hoi ptoochoi too pneumati”. .
Ada tiga kata dalam Bahasa Yunani untuk miskin : ptoochoi, penikhros dan penes. Kata ptoochoi ini digunakan 35-40 kali dalam Perjanjian Baru. Kata ini berarti sangat miskin dalam keadaan tidak memiliki apa-apa sehingga tidak memiliki kakuatan atau daya sama sekali
Kata ptoochoi bisa menunjuk kemiskinan yang bertalian dengan hal-hal rohani, keadaan jiwa manusia dihadapan Tuhan atau menurut penilaian Tuhan.

Yoh 16:8 – “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman”.
Tanpa pekerjaan Roh Kudus kita tidak mungkin menjadi PTOCHOS!
Banyak orang berdoa meminta berkat, kesembuhan, bahkan karunia-karunia, tetapi tidak banyak yang meminta pencelikan terhadap dosa.

Panggilan Untuk Rendah Hati
Miskin dihadapan Tuhan (ptoochoi too pneumati) adalah orang-orang yang merasa dan mengakui tidak berdaya sama sekali dihadapan Tuhan..

Pertama, ketidak sanggupan kita mencapai keselamatan dengan kekuatan kita sendiri ataupun dengan usaha usaha keagamaan. Keselamatan adalah anugerah Allah semata-mata (Ef 2:8).. Semuanya dikerjakan Tuhan Yesus di kayu salib.

Kedua,. Miskin dihadapan Tuhan seperti yang telah disinggung di atas hendak menunjukan ketidak berdayaan manusia. Dengan demikian tepat juga terjemahan Contemporary English Version yang tersurat: “Who depend only on Him”. Hidup dengan hanya bergantung kepada Tuhan Allah dalam segala hal baik rohani maupun keperluan jasmani.

Bacaan Matius 8:1-17 Kuasa Yesus dan Pelayanan Penyembuhan

Renungkan : Akan kuasa Yesus masih sama dulu , hari ini dan selamanya. KuasaNya dapat bekerja dalam hidup kita dan sesama kalau kita tahu ketidak mampuan diri dan percaya akan kuasa dan kemampuan Tuhan Yesus. Biarlah hidup kita diperkaya dengan mujizat pertolongan Tuhan.

THANK YOU

Leave a Comment