ORANG YANG SUCI (MURNI) HATINYA

SERMON ON THE MOUNT

ORANG YANG SUCI (MURNI) HATINYA
Matius 5:8 : “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah”.

‘Orang yang suci hatinya’.
1.Kata ‘suci’ ini dalam bahasa Yunani adalah KATHAROS dan kata ini digunakan untuk menggambarkan: pakaian yang sudah dicuci, jagung / gandum yang sudah bersih. susu / anggur yang tidak dicampur dengan air. logam murni.
Jadi, artinya sebetulnya adalah murni (pure), tanpa kotoran / campuran. KJV: ‘Blessed are the pure in heart: for they shall see God’ (= Diberkatilah mereka yang murni hatinya: karena mereka akan melihat Allah). RSV/NIV/NASB juga menterjemahkan ‘pure’ (= murni).

2. Macam-macam kekotoran yang bisa ada dalam hati kita:
· Kemunafikan (Mat 15:8 Mat 23:25-28). Motivasi-motivasi yang salah (Kis 5:1-11 Mat 6:1,2,5,16). Dosa-dosa lain seperti cinta uang, iri hati, kebencian, egoisme, keinginan-keinginan duniawi, percabulan, dllnya

3. Hati merupakan pusat kehidupan sehingga hati yang suci merupakan sesuatu yang penting karena hal itu mempengaruhi seluruh kehidupan kita (Mat 15:18-19 Maz 24:4 Amsal 4:23).

4.Bagaimana bisa memiliki hati yang suci?
4.1.Beriman kepada Kristus (Kis 15:9 Ibr 9:13-14 Tit 1:15).
4.2.Belajar Firman Tuhan (Ro 3:20 2Tim 3:16 Yer 23:29 Yoh 15:3).
4.3.Introspeksi (Amsal 4:23). Ditindaklanjuti dengan Doa pengakuan dosa (Maz 51:9,11,12 1Yoh 1:9).

‘Mereka Akan Melihat Allah’ (bdk. Ibr 12:14).
1.‘Melihat Allah’ di surga setelah kita mati (1Kor 13:12 1Yoh 3:2).
Memang setiap orang akan melihat Allah setelah mati (Wah 1:7 Ro 14:10-12 Fil 2:10-11 Wah 6:15-17). Yang dimaksud oleh Mat 5:8 ini tentu saja ‘melihat Allah’ dalam arti yang positif.

2.‘Melihat Allah’ di dunia ini, pada waktu kita masih hidup.
Artinya: orang yang murni / suci hatinya akan merasakan kehadiran Allah, dan dan mengalami persekutuan yang indah dengan Allah.

3.Orang awam melihat bintang dilangit pada malam hari.Ia hanya melihat titik titik terang dilangit, lain halnya dengan seorang astronom ahli perbintangan dengan peralatannya ia sanggup betapa indahnya bintang bintang itu dan dapat menamakan tiap tiap bintang yang berbeda dilangit.

Orang dunia tidak melihat atau samar samar “melihat”Allah sedang orang Kristen dengan alat iman yang menjadikan dia suci memampukan melihat kekayaan keindahan dan keagungan Allah.

RENUNGAN:
1.Kita patut bersyukur didalam iman kepada Yesus kita sudah melihat Allah
2.Namun demikian Kita diajak untuk instrospeksi diri. Sering hati kita tidak murni sekalipun kita mengerjakan pekerjaan baik, pekerjaan gereja, menolong orang, karena kadang kadang terselip ada motivasi motivasi lain artinya tidak murni bagi kemuliaan Allah. Kerajinan baca Alkitab, kerajinan berdoa, kerajinan memberi persembahan, adakah untuk perasaan nyaman dan puas bagi diri sendiri? Atau maksud terdalam dan murni untuk menyenangkan Tuhan?? Secara teratur kita diajak mengaku dosa, mohon hati kita disucikan dan dimunikan agar kita makin melihat Allah dalam kehidupan kita.

BACAAN MATIUS
Matius 20 – Orang upahan dikebun anggur yang berbeda masuk jam kerjanya, tetapi upahnya sama. Apa artinya? Permintaan duduk disebelah kanan dan kiri Yesus dalam kerajaan Yesus kelak. Apa artinya? Nasehat Yesus?
Ayat mas Matius 20:28 Sama seperti Anak Manusia dating bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Matius 21 – Yesus masuk ke Yerusalem dengan menunggang seeokor keledai. Mengapa Ia tidak naik kuda yang gagah perkasa layaknya seorang raja dan penglima perang yang berwibawa?. B. Yesus menyucikan Bait Allah. C. Yesus mengutuki pohon ara. D.Pertanyaan mengenai kuasa Yesus. E.Perumpamaan tentang dua anak, dilanjutkan dengan penggarap kebun anggur.
Ayat Mas Matius 21:13 dan aku berkata kepada mereka: “Ada tertulis:RumahKu akan disebut rumah doa Tetapi kamu menjanjikannya sarang penyamun

THANK YOU

Leave a Comment