PASKAH KRISTEN -PENENTUAN TGLNYA

PASKAH KRISTEN
Minggu Paskah: Bagaimana Cara Menentukan Tanggalnya?

1.Banyak hari hari peringatan Gerejawi yang menggunakan hari Paskah sebagai patokan, misalnya Hari Rabu Abu (46 hari sebelum Paskah), Hari Minggu Palm (hari Minggu 7 hari sebelum Paskah), Hari Jumat Agung (2 hari sebelum Paskah), Hari Kenaikan (39 hari setelah Paskah), Hari Pantekosta (49 hari setelah Paskah), dll.

2.Ketergantungan hari-hari ini semua pada Paskah membuat penentuan hari Paskah sebagai hal yang sangat-sangat penting. Walaupun selalu jatuh pada hari Minggu, namun setiap tahunnya hari Paskah jatuh pada tanggal yang berbeda, tidak seperti misalnya… hari raya Natal yang selalu dirayakan pada tanggal 25 Desember.

3.Penghitungan atau penentuan hari Paskah mengikuti cara-cara yang kompleks. Namun, mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa cara penghitungan yang kita pakai sekarang ini telah mengalami evolusi yang cukup panjang selama kurang lebih 2 ribu tahun terakhir ini, melibatkan intrik2 tokoh-tokoh agama serta pemikiran banyak orang: saintists, politicians dan juga kaisar. Menurut perkiraan, Yesus Kristus di salibkan di sekitar hari raya Yahudi yang disebut “Passover”. Hari raya Passover ini diperkirakan jatuh pada tanggal 14 bulan Nisan pada sistim kalender Yahudi, yang setiap tahunnya juga berbeda pada kalender Gregorian (sistim kalender yang kita pakai sekarang ini). Namun, sejak pertengahan abad kedua Masehi, penentuan hari Paskah telah menimbulkan kontroversi di antara 2 pihak gereja: Pihak yang mematok pada tanggal 14 bulan Nisan (yang berarti hari raya Paskah bisa jatuh pada hari apa saja, Senin sampai Minggu) versus pihak yang mematok pada hari Minggu pertama setelah tanggal 14 bulan Nisan. Kubu terakhir ini didukung oleh gereja Katolik saat itu.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/www.jeffrufinus.org/sejarah-singkat-penentuan-hari-raya-paskah_54f7911ca33311427b8b4712

4.Di bawah ini adalah hasil perhitungan Minggu Paskah dari tahun 2015-2022
Kolom pertama Gereja Barat dan Kolom kedua Gereja Timur
2015 April 5 April 12
2016 Maret 27 Mei 1
2017 April 16
2018 April 1 April 8
2019 April 21 April 28
2020 April 12 April 19
2021 April 4 Mei 2
2022 April 17 April 24

Ini Alasan Mengapa Tanggal untuk Paskah Berbeda-Beda
http://www.jawaban.com/read/article/id/2011/04/18/90/110418112404/Ini-Alasan-Mengapa-Tanggal-untuk-Paskah-Berbeda-Beda

Perbedaan pada Gereja Timur dan Gereja Barat adalah Gereja Ortodoks Timur menggunakan tanggal 21 Maret menurut Kalender Julian, sedangkan Gereja Katolik Roma menggunakan tanggal 21 Maret menurut Kalender Gregorian yang lebih modern dan lebih luas pemakaiannya. Dengan demikian, bulan purnama gereja timur biasanya jatuh 4-5 hari setelah bulan purnama gereja barat.
Karena itu, Paskah di Gereja Barat dapat jatuh antara tanggal 22 Maret sampai 25 April, maka Jumat Agung jatuh antara tanggal 19 Maret sampai 22 April. Di gereja timur, Paskah jatuh antara 22 Maret sampai 25 April menurut kalender Julian (tapi menurut kalender Gregorian berarti tanggal 4 April sampai 8 Mei) dan Jumat Agung dapat jatuh antara 19 Maret dan 22 April (atau antara 1 April sampai 5 Mei menurut kalender Gregorian).
Untuk Paskah secara internasional, digunakan penanggalan secara Gregorian, penanggalan yang lebih populer dibandingkan penanggalan Julian. Untuk memperhitungkan tanggal perayaan Paskah, gereja Kristen menggunakan hari bulan purnama “gerejawi” baik Julian maupun Gregorian tersebut, bukan bulan purnama astronomi. Perbedaan inilah yang menyebabkan kenapa Jumat Agung dan Paskah dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda dalam kalender astronomi yang dipakai secara umum.
Jadi, jangan bingung atau penasaran lagi kenapa perayaan Paskah bisa berbeda-beda tanggalnya, padahal Yesus bangkit di hanya dalam satu hari tertentu. Hal ini hanya karena pengaturan gereja semata. Baik bagi kita untuk mengenal segala sesuatu yang berhubungan dengan iman yang kita pegang, seperti pengetahuan tentang Paskah ini. Tapi yang paling penting tentu saja kita perlu mengenal Pribadi yang kita sembah dengan lebih baik lagi setiap harinya.
Sumber : wikipedia/lh3

Leave a Comment