PEMBAPTISAN YESUS – MATIUS 3:13-17

TRINITASPEMBAPTISAN YESUS – MATIUS 3:13-17

Apa arti baptisan Yesus?

Pertama, sebagai tanda pengidentifikasian-Nya dengan orang berdosa. Yesus tidak berdosa tetapi Ia datang untuk menjadi Juruselamat orang berdosa. Untuk itu Ia perlu menempatkan diri-Nya di posisi orang berdosa. Ia dibaptis untuk mewakili orang berdosa (ayat 15).

Kedua, pembaptisan Yesus merupakan peneguhan diri-Nya dari Allah Tritunggal bahwa Dialah Yang Diperkenan Bapa, “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan” (ayat 17). Dialah Yang Diurapi Roh untuk melaksanakan misi penebusan (bandingkan Lukas 4:18-19). Peneguhan ini adalah bukti bahwa Dia adalah mesias yang ditunggu tunggu untuk melaksanakan pembebasan umat manusia dari kuasa belenggu dosa. Pelayanan itu adalah pelayanan yang menuntut pengorbanan hidup-Nya. Ia harus mati agar umat manusia memperoleh hidup. Oleh sebab itu perkenan Allah dan pengurapan Roh menjadi kekuatan bagi Yesus memulai pelayanan-Nya.

Melalui baptisan Tuhan Yesus dan suara dari sorga kita beroleh jaminan sekaligus teladan. Jaminan bahwa Yesus sungguh datang dari Allah. Teladan bahwa kita memiliki Tuhan yang taat dan merendahkan diri dalam baptisan.

AYAT AYAT MAS untuk dihafalkan

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus (Kis.Ras.2:38)

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus (Mat.28:19)

RENUNGAN : 1.Apakah saudara sudah dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus? 2. Apakah saudara sudah hidup sesuai dengan kehendak Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus? Kehendaknya dapat kita temui dalam Firman Allah di Alkitab kita masing masing.

THANK YOU

Leave a Comment