PENCURAHAN ROH KUDUS

A C T S
PENCURAHAN ROH KUDUS
KISAH PARA RASUL 2:1-13

1.PENTAKOSTA
1.‘Pentakosta’ dalam ay 1 adalah Pentakosta Perjanjian Lama. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang Pentakosta Perjanjian Lama ini:
1.1. Ini adalah hari ke 50 setelah Paskah (ini Paskah Perjanjian Lama) / Passover (hari bebasnya bangsa Israel dari Mesir (bdk. dengan Ul 16:1 tentang Paskah Perjanjian Lama ini).
1.2.Hari ini adalah hari untuk memperingati 2 hal, yaitu:
1.2.1.Pemberian 10 Hukum Tuhan.
1.2.2.Perayaan syukur karena panen gandum (Ul 16:10 Kel 34:22).

2. Pada hari itu orang Israel tidak boleh bekerja (Im 23:21 Bil 28:26).
Pentakosta Perjanjian Lama menjadi Pentakosta Perjanjian Baru karena apa yang terjadi dalam Kis 2:1-13.

II.APA YANG TERJADI PADA HARI PENTKOSTA?
1.Pada saat itu murid-murid sedang berkumpul di suatu tempat sebagai ketaatan terhadap perintah Yesus dalam Kis 1:4-5. Yang dimaksud dengan ‘suatu tempat’ tidak diketahui dengan pasti. Mungkin ruang atas yang ada dalam Kis 1:3 dan mungkin juga suatu tempat dalam Bait Allah (bdk. Luk 24:53).

2.Pada saat itu terjadilah hal-hal sebagai berikut:
2.1. Turun dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras (ay 2).
Kitab Suci memang sering menggambarkan Roh Kudus sebagai angin (Yoh 3:8 Yeh 37:9,10,14 Yoh 20:22).
2.2 Tampaklah lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing (ay 3).
Roh Kudus juga sering digambarkan sebagai api karena Ia berfungsi untuk menyucikan / menguduskan kita.
2.3.Roh Kudus turun dan memenuhi mereka (ay 4a).

2.4.Bahasa lidah / roh (ay 4b-11).
Bahasa lidah / roh adalah suatu karunia Roh Kudus yang menyebabkan rasul-rasul itu lalu bisa berbicara dalam bahasa-bahasa yang sebelumnya tidak mereka kenal / tidak pernah mereka pelajari.Dan apa yang mereka ucapkan dimengerti oleh mereka yang hadir disitu.

III.PENEKANAN PERISTIWA PENTAKOSTA
1.Kalangan gereja tertentu kalau membahas peristiwa Pentakosta selalu menekankan bahasa roh. Sedangkan gereja denominasi lain menekankan pekabaran Injil massal. Orang percaya dipersatukan dalam Kristus sebagai suatu keadaan yang bertolak belakang dengan kekacauan dan tersebarnya manusia di Babel karena Bahasa manusia dikacaukan.
Mengapa Allah memilih kota Yerusalem untuk tempat pencurahan Roh Kudus dan mengapa Allah memilih hari Pentakosta? Calvin beranggapan karena pada hari Pentakosta kota Yerusalem penuh sesak, karena orang-orang Yahudi dari semua penjuru datang ke Yerusalem. Mereka semua kembali ke Yerusalem karena hal ini memang diperintahkan oleh Tuhan (Kel 23:14-17 Kel 34:22-23).

2.Orang-orang Yahudi dari negara-negara lain itu pasti ikut berkerumun dan mendengar bahasa roh itu. Dan apa yang mereka dengar? Yang mereka dengar adalah perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah (ay 11). Ini jelas menunjuk pada Injil.

3. Pada saat itu terjadi bahasa roh (glossolalia) atau berbahasa dengan lidah yang lain.
Mengapa saat itu harus terjadi bahasa roh? Karena orang-orang Yahudi dari negara-negara lain itu mempunyai bahasanya masing-masing. Adanya banyak bahasa menghalangi Pekabaran Injil dan kalau Injil hanya diberitakan dalam 1 bahasa saja, maka orang akan beranggapan bahwa Injil itu memang ditujukan hanya untuk satu bangsa / bahasa saja (Yahudi). Allah tidak mau hal itu terjadi dan Ia lalu memberi bahasa roh sehingga memungkinkan para rasul berkotbah dengan berbagai Bahasa berbeda sesuai dengan yang difahami oleh orang orang yang hadir disitu.

Pertanyaan Untuk Diskusi
1.Kalau orang non Kristen bertanya apa arti Hari Pentakosta bagi orang Kristen apa jawab anda? Orang non Kristen tidak akan terlalu tertarik dengan masalah tafsiran yang dibahas di butir nomer 2 dibawah.
2.Jelaskan dua macam tafsiran dalam menafsirkan peritiwa Pentakosta ini:
2.1.Bagaimana gereja Pentakosta dan aliran Kharismatik menafsirkannya?
2.2.Bagaimana gereja NON Pentakosta dan NON Kharismatik menafsirkan ini?

Leave a Comment