PENGHARAPAN BAGI ORANG KRISTEN

ephesians
PENGHARAPAN BAGI ORANG KRISTEN
Sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan didalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu , baik yang di sorga maupun yang dibumi ( Efesus 1:10))

1.Kita sedang berjalan dalam waktu menuju suatu titik penggenapan, Itulah pemahamahan Alkitab mengenai waktu. Ada permulaan yaitu ketika dunia diciptakan Allah. Allah menciptakan langit bumi dan manusia dalam keadaaan baik (baca Kejadian 1). Cuma sayang yang baik ini dirusak oleh si iblis yang menggoda manusia Adam dan Hawa. Keduanya terjatuh kedalam dosa yang membawa seluruh manusia terkena akibatnya,menjadikan seluruh manusia keturunan orang berdosa. Berakibat semua manusia termasuk bayi yang dilahirkan menyandang STATUS ORANG BERDOSA.

2.Ketika masanya tiba maka Allah datang sendiri kedunia menjadi manusia. Dikenal sebagai Yesus Kristus. Dia adalah Allah sejati dan manusia sejati.Misinya penyelamatan umat manusia yang dipilihNya. Maksudnya untuk memulihkan Status Orang Berdosa. Caranya melalu salib Ia menanggung semua hukuman yang seharusnya dipikul manusia karena dosa dosa manusia. Bagi mereka yang percaya dan mau menerima peranan Yesus sebagai juru selamat kepada mereka dikaruniakan STATUS MANUSIA BARU. Manusia baru ini memiliki kedudukan sebagai anak anak Allah dimana mereka berhak memanggil Allah Yang Maha Kuasa dengan panggilan Bapa kami yang disorga. Sebagai anak mereka berhak mendapat pemeliharaan Allah Bapa untuk keperluan sehari hari mereka. Dalam konteks yang demikian Tuhan Yesus mengatakan: Jangan kamu kuatir apa yang hendak kamu makan dan minum, (Mat.6:25), tetapi carilah dahulu Kerjaan Allah dengan segala kebenarannya, maka sekaliannya yang lain (kebutuhan hidup dunia) akan ditambahkan kepadamu. (Matus 6:33). Sebagai anak anak Allah mereka berkewajiban untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah Bapa didalam kekudusan dan mengerjakan segala yang benar yang mempermuliakan nama Tuhan Allah.

3.Kita sebagai anak anak Allah ditempatkan didunia ini didalam perkumpulan yang disebut gereja. Kata lain dari gereja adalah tubuh Kristus.(I Kor.12) Istilah tubuh Kristus mau menggambarkan akan kebersamaan orang orang Kristen dalam kepelbagaian etnis, budaya, tingkat social ekonomi dan intelektual. Orang orang Kristen tadi mempunyai tugas dan tanggung jawab berbeda dalam gereja seperti perbedaan tugas dan tanggung jawab tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya dalam suatu tubuh. Perbedaan tugas dalam koordinasi dengan kepala tubuh adalah Kristus sendiri diharapkan menghasilkan suatu karya yang memelihara kehidupan tubuh itu sendiri dan kehadiran gereja dirasakan oleh masyarakat lingkungannya.

4.Hidup orang Kristen sebagai warga gereja, anggota tubuh Kristus masih hidup didunia dengan segala pencobaaan, penderitaan dan kesusahan dunia. Sebagai orang Kristen kita tidak terluput dari segala sakit penyakit dan segala macam kesusahan dunia. Beda dengan orang yang diluar Kristus adalah bahwa kita menjalani hidup bersama Kristus yang menjadi sumber kekuatan yang memampukan kita mengatasi dan mengalahkan segala pencobaan dan kesusahan dunia ini. (Mat.28:20). Dalam segala keadaan ,suka dan duka, kita diajak untuk: Bersukacitalah senantiasa didalam Tuhan!.SEkali lagi kukatakan bersukacitalah (Filipi 4:4). Kita diperintahkan untuk bersukacita karena Tuhan Yesus beserta kita dalam segala cuaca kehidupan.

5.Pokok lain dari sukacita kita karena kita sebagai orang Kristen memiliki pengharapan masa depan yang indah dan gilang gemilang. Tuhan Yesus akan mendatangkan langit baru dan bumi baru yang berisi keadilan ,kesejahteraan dan suasana damai. Lalu aku melihat langit baru dan bumi baru ( Wahyu 21:1).Dalam langit baru bumi baru tidak ada lagi penyakit, kemiskinan, penderitaan, peperangan, dosa dan kejahatan semua tidak ada lagi.
Pada waktu itulah maka ada persatuan didalam Kristus , dimana Dia menjadi Kepala segala sesuatu , baik yang di sorga maupun yang dibumi ( Efesus 1:10)). SEmua akan tunduk kepada Kristus baik para malaikat, dan orang orang Kristen yang telah dimuliakan. Kalau semua tunduk dan taat kepada Kristus maka akan terdapat ketertiban dan kedamaian serta kesejahteraan. Tuhan Yesus dengan leluasa akan melimpahkan segala berkat berkatNya kepada kita sekalian , berkat yang telah disediakanNya pada kegenapan waktu dimasa yang akan datang.

Leave a Comment