PENYATAAN UMUM DAN KHUSUS

TEOLOGI SISTIMATIKA

FS 02-PENYATAAN UMUM DAN KHUSUS

 

PENYATAAN UMUM

Secara umum “penyataan” dapat didefinisikan sebagai:tindakan Allah (baik itu perbuatan maupun kata-kata) yang merupakan inisiatif Allah sendiri untuk membuka Diri agar manusia, yang adalah ciptaan, dapat mengenal Allah Penciptanya (1 Korintus 2:11; Ulangan 29:29). Melalui penyataan-Nya inilah manusia tahu segala sesuatu yang Allah ingin manusia tahu.

Penyataan umum ialah penyataan Allah kepada manusia sehingga manusia menyadari adanya oknum yang ilahi. Mengenai hal tersebut Henry C. Thiessen menjelaskan:

”Penyataan umum ini disampaikan lewat fenomena alami yang terjadi dalam alam atau dalam alur sejarah; penyataan itu ditujukan kepada semua makhluk yang berakal sehingga dapat dipahami oleh semuanya. Penyataan ini bertujuan memenuhi kebutuhan alami manusia serta meyakinkan jiwa agar mencari Allah yang benar”

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa penyataan umum disampaikan melalui sarana umum, seperti alam semesta dan sejarah. Penyataan umum ditujukan kepada semua umat manusia. penyataan umum menyadarkan manusia adanya pihak yang ilahi dan penyataan umum tidak menyelamatkan manusia. Hal senada juga dituliskan oleh R.C. Sproul menuliskan wahyu umum disebut ”umum” karena dua alasan, yaitu: pertama, isinya bersifat umum. Kedua wahyu ini dinyatakan bagi semua orang secara umum.

” Meski demikian, Penyataan Umum memiliki keterbatasan karena tidak menyatakan segala sesuatu tentang pengertian akan diri Allah dan hal-hal rohani sepenuhnya, yang menjadi suatu dasar untuk membangun masa depan yang kekal”

PENYATAAN KHUSUS

Penyataan Khusus   adalah Allah menyatakan DiriNya  secara khusus untuk dikenal dan dipercaya umatNya melalui Alkitab  dan yang paling utama itu adalah Pribadi Yesus Kristus. Allah menjadi manusia (Yohanes 1:1, 14). Ibrani 1:1-3 memberi ringkasan yang paling bagus, “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, … Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah.”

Kita perlu  menyambut Tuhan Allah ini didalam percaya bahwa Dia lah Allah yang telah mendatangi kita melalui Yesus Kristus dan untuk makin mengenali-Nya perlu terus mempelajari dan memahami Alkitab.

 

DOA

“Kami bersyukur bahwa Roh Kudus memberi keyakinan kepada kami tentang Penyataan Khusus melalui Alkitab sehingga kami boleh bertemu dengan Kristus secara pribadi. Karena itu, biarlah Roh-Mu terus menuntun kami ketika kami menjajagi lebih jauh tentang Penyataan-Mu sehingga kami semakin diperkaya dengan pengenalan yang benar tentang Engkau dan firman-Mu. Terangilah terus hati kami sehingga kami boleh melihat Allah yang benar dan melakukan apa yang Engkau kehendaki.” Amin.

SUMBER :

https://madenopensupriadi.blogspot.com/2017/01/penyataan-umum-sebuah-analisa-dan.html

http://www.pesta.org/dal_pel02

REKOMENDASI BACAAN:

https://www.gotquestions.org/Indonesia/wahyu-umum-khusus.html

 

Bersambung ke TS 03

Leave a Comment