PERENUNGAN JUMÁT AGUNG

PERENUNGAN JUM’AT AGUNG

SUDAH  SELESAI

‘Sudah selesai.’ Lalu Ia menundukkan kepalaNya dan menyerahkan nyawaNya”.(Yoh.19:30)

 

1.Menyelesaikan tugas tugas pekerjaan rumah adalah menjadi target bagi seorang murid. Bagi pegawai targetnya adalah menyelsaikan tugas yang dipercayakan kepadanya oleh atasannya. Bagi diri sendiri ada kepuasaan  karena telah menyelesaikan tugas dan lebih penting lagi guru senang dengan murid yang menyelesaikan pekerjaan rumahnya, demikian  pula atasan senang karena pegawainya telah menyelesaikan tugas yang dipercayakan kepadanya.

 

2.Tuhan Yesus diatas kayu salib memberi pernyataan: “Sudah Selesai.” Perjalanan panjang telah ditempuh, berbagai godaan dari iblis menghadang yang hendak menggagalkan misi Yesus, demikian pula godaan orang banyak yang hendak membuat Dia raja duniawi yang memimpin pemberontakan terhadapan kekuasaan Romawi. Terakhir godaan dari Petrus muridNya, yang mengatakan agar penderitaan dijauhkan dari Yesus, padahal penderitaan adalah bagian pekerjaan penebusan Yesus.

 

3.Tuhan Yesus mengatakan :”Sudah Selesai.” Dalam text Yunani itu adalah TETELESTAI, dan itu berarti, ‘Itu sudah selesai, itu tetap selesai, dan itu akan selalu sudah selesai!’

Hidup yang baik sebagaimana tuntutan Allah terhadap Adam telah dilaksanakan oleh Yesus yang adalah Adam kedua dan terakhir. Semua hukum dan segala ketentuannya telah dilaksanakan dengan sempurna. Semua korban dari hukum Taurat harus sudah berhenti, karena keselamatan manusia telah disempurnakan / diselesaikan oleh satu korban dari kematian Kristus.   Hukuman atas dosa manusia sudah selesai ditanggung Yesus diatas kayu salib. Sudah selesai semuanya. Dan kalau itu diucapkan diatas kayu salib bukan sekedar penyertaan yang mengatakan semua tugas telah diselesaikan, tetapi juga merupakan terikan kemenangan.

 

4.Apa artinya bagi kita orang orang percaya? Hukuman atas dosa dosa kita telah ditanggung Yesus diatas kayu salib. Semua kebaikan Yesus yang dilakukan untuk kita dan hukuman atas dosa  sudah dilaksanakan maka  oleh karena itu semua kita diterima oleh Allah menjadi anak anakNya dan pewaris kerajaan surga.  Dalam perjalanan sebagai orang orang Kristen kita diajak untuk terus   bersandar pada pekerjaan Kristus yang sudah selesai ini, bukan pada pekerjaan kebaikan diri  sendiri yang belum selesai dan tidak akan pernah selesai!  Yang harus kita lakukan untuk bisa selamat hanyalah percaya, tidak ada yang lain!

 

5.Orang percaya bisa, dan bahkan harus, merasa aman (secara rohani dan kekal), di dalam Kristus. Yesus akan menyelesaikan pekerjaanNya di dalam kita, dan itu berarti bahwa orang kristen yang sejati tidak akan pernah terhilang!

Kata-kata ini merupakan inti dari Injil, dan ini harus kita beritakan kepada orang-orang yang belum percaya.

 

 

TAYANGAN KISAH HIDUP DAN PENGORBANAN TUHAN YESUS

 

 

Leave a Comment