PERJALANAN HIDUP

peta-perj-padang-gurun
PERJALANAN HIDUP
BILANGAN 33:1-49

1. Ketika bangsa Israel akan mengakhiri pengembaraan di padang gurun, mereka tiba di dataran Moab, Kisah pengembaraan padang gurun kemudian diakhiri dengan daftar tempat-tempat persinggahan orang Israel, setelah mereka keluar dari tanah Mesir
Selama perjalanan orang israel menuju ke tanah Kanaan ada 42 tempat persinggahan
A.12 persinggahan dari Mesir ke Sinai (ayat 5-15).
B. 21 persinggahan dari Sinai ke Kadesh untuk keduakalinya (ayat 16-36).
C. 9 persinggahan dari Kadesh ke dataran Moab (ayat 37-49).
Perjalanan ditempuh selama 40 tahun. Bandingkan selama 40 hari Tuhan Yesus dicobai di padang belantara. 42 tempat dibagi 6 trip.
Angka “6” lambang kemanusiaan.
Angka “7” lambang Tuhan
Kalau manusia itu menjalani 42 tempat persinggahan, jika 40 tahun kita lalui berjalan bersama Tuhan, maka kita akan menang disetiap perjalanan kita.

2.Ayat 5: berangkatlah artinya ‘dan mereka berangkat’ artinya melangkah maju bukan mundur.
Ada 42 kata tersebut. Ada 42 kata lagi ‘dan mereka berkemah’
sebagai Tempat persinggahan sementara.
Hidup ini harus berjalan maju, tidak berjalan mundur.

3..Ayat 1 terdapat kata “pasukan demi pasukan”. 430 tahun orang israel tinggal di mesir. Dibawa keluar oleh Tuhan. 1 hari setelah perayaan paskah (Ketika mereka mengorbankan domba, dan memercikan darah disetiap pintu rumahnya.) Mereka bebas. Dipimpin oleh Tuhan masuk hidup yang baru/berubah dan merdeka. Apalagi kita oleh darah anak Domba Allah. Kita sudah menerima paskah yang sejati.

4.Setiap orang percaya bukan orang lemah. Tetapi sebagai PASUKAN ini mengingatkan bahwa kita tidak sendirian sebagai orang Kristen tetapi ada banyak saudara saudara seiman .Kita kuat, perkasa dan ditetapkan menjadi pemenang.
Jangan pernah berhenti jika ada hari/waktu dimana ada masalah percobaan, tetap maju melangkah karena didepan ada peristiwa lain.
Orang Israel keluar dari mesir, Dibawah pimpinan Musa dan Harun (orang yang berpengalaman):

5.APA MAKSUD PENCATATAN INI ? Daftar ini ditulis oleh Musa atas perintah Tuhan (2) sebagai ingatan bagi orang Israel di sepanjang zaman. Bukan hanya ingatan tentang kesulitan dan tantangan di dalam perjalanan, tetapi juga ingatan tentang kesetiaan dan kasih karunia Tuhan yang menyertai mereka dari waktu ke waktu, dari suatu tempat ke tempat lain. Perjalanan itu memakan waktu sampai empat puluh tahun, tetapi bukan karena jarak yang jauh. Allah menggiring mereka ke padang gurun karena ada generasi yang tidak percaya kepada Allah. Generasi itu harus mati di padang gurun sebelum generasi yang penuh iman dibangkitkan untuk merebut Tanah Perjanjian. Maka Tuhan memberikan perintah agar umat menghalau penduduk Kanaan, disertai peringatan bila mereka tidak melakukannya. Selanjutnya, mereka akan menempati tanah itu (50-56).

6.Melalui perjalanan panjang kehidupan kita bersama Tuhan, adakalanya kita perlu berdiam sejenak dan mengingat ulang momen-momen penting yang terjadi. Waktu kita melakukannya, adakah kita melihat Tuhan berkarya di dalamnya? Namun, jangan berhenti sampai di situ karena perjalanan yang Anda akan tempuh masih panjang. Untuk itu lihat kembali atau tanyakan kepada Allah, apa rancangan-Nya bagi hidup Anda dimasa-selanjutnya. Perhatikan setiap peringatan atau perintah. Apa yang Allah tekankan, lakukan dengan sungguh-sungguh. Biarlah kiranya perjalanan panjang kehidupan kita adalah kisah mengenai kuasa dan kemuliaan Allah.

Leave a Comment