PERSELISIHAN

KARAMAZOV BERSAUDARA

BUKU  1  SEJARAH KELUARGA

 

FS 4,5 PERSELISIHAN DMITRI  DENGAN FYODOR

`1.Ivan (anak pertama Fyodor dari istri kedua yaitu Adelaida) tumbuh  menjadi anak yang tidak ada sukacita dan bersifat pendiam dan merasa malu terhadap kelakuan ayahnya. Pada sisi lain  dia adalah anak yang sangat cerdas, dan dia menghasilkan uang dengan mengajar,  tenaga free lance dan me review buku untuk mendapatkan uang. Dia menulis artikel yang relatif terkenal tentang pengadilan gerejawi yang diperdebatkan di kalangan politik dan agama. Dia kembali  ke kota asalnya dengan agak tak terduga..

2.Si bungsu, (anak kedua dari istri kedua ) yang bernama Alyosha, sangat dicintai oleh Fyodor ayahnya. Dia menjadi orang yang populer, tidak takut kepada orang lain, dan, tidak seperti kakaknya ia tidak cinta uang. Aih-alih menyelesaikan sekolahnya , ia  tertarik menjadi rohaniwan karena terpesona dengan seorang rahib yang bernama  Zossima .  Dia memutuskan untuk bergabung dengan biara, dan Fyodor memberi restunya. Alyosha adalah tipe laki laki  yang percaya pada mukjizat, tapi anehnya dia juga sangat realistis. Banyak yang berpendapat bahwa belajar dibawah seorang rahib adalah sesuatu yang tidak ideal karena harus menyangkali diri untuk mencapai kesempurnaan. . Pastor Zossima berusia enam puluh lima tahun dan mantan perwira di ketentaraan. Dia baik kepada orang berdosa yang paling buruk sekalipun , dan dia terkenal  dalam masyarakat lokal karena statusnya yang seperti orang suci.

3.Ketika Alyosha bertemu saudara-saudaranya untuk pertama kalinya, dia dengan cepat menyukai Dmitri (kakak sulung yaitu anak pertama Fyodor dari istri pertamanya).  Aloysha menemukan Ivan terlalu sibuk dengan dirinya dan mengejar tujuan tujuan bagi dirinya  sehingga tidak ada ruang untuk Alyosha. Namun Dmitri menyukai Ivan.

4.Karena perselisihan terjadi dalam pertemuan keluarga, yaitu antara Dmitri dan Fyodor mengenai warisan keluarga  , mereka   memutuskan untuk menemui Elder*  Zossima di biara dengan pengharapan dapat  membantu menyelesaikan masalah tersebut.

*Elder- seorang penasehat rohani yang bijak, tinggal di biara. Seorang Elder bisa seorang imam atau mungkin juga tidak ditahbis sebagai imam.

SUMBER:

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book-1

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

 

UNTUK DIRENUNGKAN

Karena masalah harta Dmitri dapat bertikai dengan ayahnya Fyodor. Cinta uang kalau tidak dikelola secara rohani dapat menimbulkan perkelahian bahkan juga pembunuhan.

1 Timotius 6:10–  Cinta uang adalah salah satu akar berbagai kejahatan, dan karena memupuk cinta itu, ada yang menyimpang dari iman dan menyakiti* diri dengan banyak penderitaan.a

 

NOTE:

Buku Ini adalah drama spiritual yang bergumul mengenai masalah Allah, iman, Teodisi, kebimbangan, penghakiman dan akal budi. Buku ini berhasil mencatatkan dirinya dalam  kelas literatur dunia.

Leave a Comment