PINJAMAN UANG

KARAMZOV BERSAUDARA (THE KARAMAZOV BROTHERS)

BUKU 8 -DMITRI

 

01.CARI PINJAMAN UANG

1.Dmitri putus asa. Dia terobsesi dengan Grushenka, dan meskipun dia “mencintainya selama satu jam,” dia sering memperlakukannya “dengan kejam, dan kadang-kadang dengan kejam total.” Dia tidak tahu apa yang dia inginkan. Dia ingin Grushenka menikah dengannya, dan dia optimis bahwa dia akan menjadi miliknya. Dia merenung bahwa Grushenka mungkin memutuskan apakah akan bersamanya atau dengan Fyodor (ayahnya Dmitri); pemikiran bahwa dia mungkin ingin bersama pria lain tidak terlintas dalam benaknya.

2.Meski begitu, dia merasa bahwa perlu mengembalikan uang Katerina sebelum memantapkan hubungannya  dengan Grushenka. Dia memutuskan untuk menjual sebagian tanah Fyodor kepada pemilik tanah yang kaya bernama Samsanov seharga 3.000 rubel. Samsanov tidak ingin menemui  Dmitri, tetapi setelah Dmitri memohon padanya, dia setuju untuk bertemu dengannya. Samsanov dia mendengarkan tawaran Dmitri dengan sikap acuh tak acuh .

3.Samsanov pernah menjadi peminat terhadap  Grushenka, tetapi hubungannya dengan dia sekarang lebih merupakan hubungan antara ayah dan anak perempuan. Akhirnya, Samsanov mengatakan dia akan membantu Dmitri, yang sangat senang mendengarnya. Dia memberi tahu Dmitri untuk mengunjungi seorang pria yang katanya dapat membantu Dmitri.

4.Samsanov tidak berniat membantu Dmitri, pria ini yang ia pandang sebagai pesaing mantan kekasihnya. Alih-alih membantunya, ia mengirim Dmitri untuk menemui “orang yang dingin, kejam, mengejek” bernama Lyavgeny. Samsanov mengatakan bahwa pria itu tertarik pada sebidang tanah yang ditawarkan Dmitri, meskipun ia tahu bahwa pria itu tidak akan dapat membantu Dmitri.

5.Dmitri mengunjungi Lyavgeny, tetapi dia tidak dapat melakukan bisnis dengan pria itu, karena dia terlalu mabuk. Dmitri dengan marah mencoba menyadarkan orang ini dari keadaan mabuknya, tetapi tidak behasil.  Dmitri sedih dan cemburu, khawatir tentang kesetiaan Grushenka.”

6.Akhirnya, Dmitri terpaksa beralih ke Madame Hohlakov (seorang janda kaya) untuk meminjam uang. Dia sepertinya mempermainkan Dmitri, ironisnya mengatakan kepadanya bahwa dia dapat menawarkan lebih dari 3.000 rubel. Lalu dia mengatakan kepadanya bahwa dia harus pergi ke tambang emas. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia harus melupakan wanita .Ketika Dmitri memintanya lagi untuk meminjamkan uang kepadanya, dia mengatakan dia tidak akan meminjamkan Dmitri satu rubelpun.

 

SUMBER:

http://www.ccel.org/d/dostoevsky/karamozov/htm/

https://www.gradesaver.com/the-brothers-karamazov/study-guide/summary-book- 8

 

UNTUK DIRENUNGKAN

1.Cara hidup Dmitri yang main perempuan, hidup boros, pinjam uang kepada siapa saja ,mulai menyulitkan hidupnya.

2.Cara hidup yang sangat duniawi ini patut dihindari, dijauhi , jangan dipraktekkan karena akan membuat susah hidup sendiri dan terlebih mendukakan Tuhan.

 

Leave a Comment