AKU PERCAYA KEPADA ALLAH

AKU PERCAYA KEPADA ALLAH
KIS.RAS.27:18 – 25

PENDAHULUAN
Pembacaan dari Kis.Ras.27 khusus ayat 25 memuat pengakuan iman yang berbunyi :”Aku percaya kepada Allah” ini diucapkan oleh rasul Paulus. Kita juga mengucapkan pengakuan iman tadi dari minggu ke minggu.

KONTEKS PENGAKUAN IMAN MASA KINI
A.Tidak Mengakui Allah
Masyarakat kita sebagian tidak percaya dan tidak mengucapkan pengakuan iman yang disebutkand diatas.Mereka adalah kaum atheis
B.Mengakui Allah
Sebagian besar masyarakat mengakui Allah dan mereka terbagi dalam agama Monotheisme (percaya kepada satu Allah), politheisme (percaya kepada banyak illah/allah), monisme/pantheisme (percaya bahwa allah merupakan kekuatan alam semesta) dan tidak ketinggalan mereka mereka yang menyembah setan.

NAMA ALLAH YANG KITA PERCAYAI
Elohim (bhs.Iberani)-Theos (bhs.Yunani)-Allah (bhs Indonesia)
Yahweh(bhs Iberani) – Kurios (bhs Yunani) – Tuhan (bhs Indonesia)
Bagi orang Iberani/Yahudi karena nama Elohim/Yahweh terlalu suci dan mereka tidak mau menyebut sembarangan maka mereka memakai istilah Adonai (Tuhan)

ALLAH YANG KITA PERCAYA
Allah yang kita percaya itu Roh,berpribadi, kasih, kekal, kita kenal melalui Yesus Kristus dan kita fahami sebagai Allah Trinitas, Allah yang Esa dan dikenal sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus. Dia adalah Allah yang menaruh belas kasihan, menyatakan pertolongan dan kelepasan.

PENUTUP
Aku percaya kepada Allah bukan sekedar rumusan kosong dan steril tetapi berisi suatu dinamika hubungan yang hidup dan menghasilkan segala keberkatan dari Allah yang hidup.