ANGGUR DAN ROH KUDUS

ANGGUR DAN ROH KUDUS
Kis.Ras.2:1-6 ; Nats Ef.5:18

PENDAHULUAN
1.Hari Pentakosta berarti hari ke lima puluh setelah hari Paskah Yahudi. Bermula di Perjanjian Lama sebagai perayaan ucapan syukur umat Israel karena keberhasilan dalam panen, kemudian dalam Perjanjian Baru hari ini diberi makna baru. Turunnya Roh Kudus sebagai pemenuhan janji Tuhan Yesus dan terbentuknya gereja pertama dengan baptisan perdananya sejumlah 3000 orang lebih.

2.Sekarang apa artinya kalau Efesus 5:18:“Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu.“ Sebelum kita berbicara mengenai penuh Roh Kudus kita bicarakan dulu mengenai mabuk anggur.

JANGAN MABUK ANGGUR

HENDAKLAH KAMU PENUH DENGAN ROH
Dari Efesus 5:18 kita membaca :” Hendaklah kamu penuh dengan Roh.” Ini adalah suatu perintah..Kalau kita perhatikan bentuk kalimatnya dalam bahasa Yunani maka didapati pengertian demikian:”hendaklah kamu secara terus menerus dalam keadaan penuh Roh.”

APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN

BERSERAH KEPADA YESUS

MEMBACA DAN MEMPELAJARI FIRMAN TUHAN

HASIL PENUH ROH KUDUS: “NYANYIAN PUJIAN”

PENUTUP
Orang yang dikuasai Roh Kudus, akan dikuasai, dipengaruhi, didominasi oleh Roh Kudus. Hasil penguasaan Roh Kudus adalah menampakkan hidup baru, hidup berbuah dan hidup yang penuh puji –puji bagi kemuliaan Allah. Secara lebih luas lagi sesuai Efesus fasal 5 maka kita dimampukan untuk hidup sebagai anak anak terang. Amin.