APA YANG KELUAR DARI MULUT ANDA?

APA YANG KELUAR DARI MULUT ANDA?

1 Sam.2:3

PENDAHULUAN

Dua kali berturut turut kita sudah melihat nyanyian ini dari berbagai ayat yang berbeda, Kali ini kita lanjutkan bahasan nyanyian tadi dengan ayat 1 Sam2:3 yang berbunyi  :” Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki a  keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, b  dan oleh Dia perbuatan-perbuatan c  diuji.”

JANGANLAH BERKATA SOMBONG DAN CACI MAKI

1.Kalau ayat tadi mau dihubungkan dengan situasi Hana dia mandul, sudah dapat dipastikan Penina ,istri suaminya yang kedua  yang mempunyai anak , telah berkata kata sombong dan menyakitkan hati Hana . Dalam  1 Sam1: 6 dikatakan: “Tetapi madunya selalu menyakiti hatinya supaya ia gusar….” Dalam nyanyiannya ini Hana mengajak agar orang jangan melakukan kesalahan seperti Penina, sehingga nyanyian tadi mengatakan :”Janganlah”

2.Pesan yang disampaikan melalui nyanyian ini masih relevan untuk kita masa kini dimana dalam berbagai situasi berbeda di rumah tangga, digereja, dimasyarakat kalau tidak berhati hati kita dapat mengeluarkan perkataan sombong dan caci maki dan dapat dipastikan dapat menimbulkan keributan.

TUHAN ITU ALLAH YG MAHA TAHU

1.Apa yang mau dikatakan Hana adalah bahwa Tuhan pencipta langit bumi , penguasa alama semesta dan segala isinya Yaitu Elohim adalah Allahnya (Yahweh) bangsa Israel. Jadi Allah Yahweh bukanlah Allah local bangsa Israel saja tetapi Tuhan pencipta dan penguasa alam semesta. Dan penjelasan lebih lanjut adalah bahwa Tuhan itu Allah yang maha tahu.

2.Secara etis tingkah laku sehari hari pengenalan tadi mengajak agar tutur kata dan tidak laku yang  kita amalkan agar berkessuaian  dan menyenangkan Allah yang maha tahu karena Dia akan menguji atau menghakimi.  Pada sisi lain Tuhan Allah yang maha tahu menjadi penghiburan bagi hidup ktia karena Dia mengenali dengan baik segala macam kesusahan dan persoalan kita.

PENUTUP

Mari kita hitung berkat Tuhan satu per satu dalam hidup kita dan biarlah puji pujian juga keluar dari mulut kita.  Yak. 3:9. Mengatakan :  Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita. Mari kita makin mengaktifkan penggunaan lidah untuk memuji Tuhan dan dengan kekuatan Roh Kudus kita buang perkataan sombong dan segala jenis caci maki.

Leave a Comment