BERAGAM PERISTIWA DALAM PERJALANAN HIDUP

BERAGAM PERISTIWA DLM PERJALANAN HIDUP
KEJADIAN 9:18-28

Yakobus 4:8 – -Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadaMu

PENDAHULUAN
Beragam peristiwa telah dan akan dialami selama hidup didunia ini. Bukankah itu juga pengalaman anda anda sekalian. Baiklah kita tinggalkan itu sejenak dan mau belajar sesuatu dari satu peristiwa yang menimpa keluarga Nuh setelah selamat dari air bah.

NUH PETANI KEBUN ANGGUR.
Masalahnya dengan Nuh, dia bukan saja mencicipi anggur, tetapi ia telah kebanyakan minum anggur sehingga membuat dirinya mabuk. Nuh menjadi mabuk dan dalam mabuknya ia terlentang dan bertelanjang diri.
Nuh telah jatuh dalam dosa dalam melakukan pekerjaannya sebagai petani anggur. Ini juga menjadi peringatan bagi kita sekalian bahwa dalam menjalankan profesi kita masing masing, dosa mengintai dan dapat menjerat orang untuk berbuat dosa

KUTUK DAN BERKAT
1.Ham bereaksi secara negatif terhadap ketelanjangan Nuh yang adalah ayahnya. Keberdosaan Nuh malah membuka kesempatan kepada Sem danYafet untuk menunjukkan hormat mereka kepada ayah mereka.
2.Nuh mengucapkan kutukan kepada Kanaan keturunan Ham. Sebaliknya Nuh mengucapkan berkat bagi Sem dan Yafet.
3.Bolehkah kita sebagai orang Kristen mengucapkan kutuk?

PENUTUP
Berbagai pengalaman dan peristiwa hidup telah dijalani Nuh. Anda dan saya masih akan meneruskan perjalanan hidup. Beragam peristiwa menanti dihadapan kita. Ayat bacaan kita Yakobus 4:8 – -Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadaMu, mengingatkan kita untuk terus mendekat kepada Tuhan Allah sumber kekuatan, pertolongan dan berkat berkat. Kalau Tuhan bersama kita semua peristiwa dapat kita hadapi. Yang buruk sekalipun akan diubahkan menjadi kebaikan bagi kita. Terpujilah Tuhan. Amin.