DAPATKAH ANDA PINDAH POSISI?

DAPATKAH PINDAH  POSISI ?

1 KOR.2: 6-16

1 KOrintus 2:14  dan 15 – 2:14 Tetapi manusia duniawi   tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, j  karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan;  dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 2:15 Tetapi manusia rohani  menilai (memahami) segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai(difahami) oleh orang lain.

PENDAHULUAN

Perbedaan fundamental manusia  diungkapkan dalam bacaan kita. Menurut bacaan kita, perbedaan itu dikategorikan sebagai manusia duniawi dan manusia rohani.

MANUSIA DUNIAWI

Pertama tama kita bahas manusia duniawi.  Kata “duniawi” di sini diterjemahkan dari kata Yunani “psuchikos,” secara harafiah berarti manusia jiwa. Roh orang ini sudah mati karena dosa dalam arti tidak mampu berhubungan lagi dengan Tuhan Allah.. “Oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa” (Roma 5:19).

Itulah bagaimana seseorang menjadi manusia “duniawi” yang “tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah” (I Korintus 2:14).

MANUSIA ROHANI

Langkah awal bagi setiap orang untuk dapat masuk ke dalam dimensi baru sebagai  ‘manusia rohani’  adalah percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat hidupnya. Manusia rohani disebut juga sebagai pneumatikos – orang yang  hidupnya diisi Roh Kudus dan dipimpin Roh Kudus sehingga menghasilkan buah Roh Kudus. Manusia rohani percaya dan mengerti Allah, manusia,dosa,keselamatan dan tujuan hidup manusia baik didunia ini maupun setelah hidup didunia ini.

MUNGKINKAH PINDAH POSISI?

Pertanyaannya sekarang masih mungkinkah saat ini pindah posisi, dari manusia duniawi yang sedang menuju hukuman , pindah kepada posisi manusia rohani yang menuju kemuliaan surgawi?

PENUTUP

Dimanakah  posisi anda sekarang?

 

Leave a Comment